Manado (ANTARA) -  Kapolresta Manado, Sulawesi Utara, Kombes Pol Julianto Sirait mengingatkan masyarakat untuk tingkatkan kewaspadaan dan antisipasi dalam mencegah  pencurian kendaraan bermotor atau curanmor

"Dari sekian banyak laporan yang diterima, masih banyak ditemukan bahwa curanmor terjadi karena kelalaian korban atau pemilik kendaraan," kata Kapolresta pada kegiatan  "Jumat Bacirita”, di Kedai Kopi Marina, Kawasan Marina Plaza Manado, Jumat.

Dia mengatakan terjadinya curanmor umumnya karena tidak dikunci stang atau setir, kemudian juga kunci kontak masih tertinggal di kendaraan. 

"Maka dari itu, mari ingatkan kepada keluarga kita, masyarakat, agar meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi untuk mencegah terjadinya pencurian,” kata Kapolresta.

Dia mengatakan terkait masalah minuman beralkohol, pengaruhnya adalah hilangnya kesadaran diri, yang bisa memicu timbulnya gangguan kamtibmas seperti keributan bahkan hingga tindak pidana.

Untuk mengantisipasi hal-hal tersebut termasuk kasus senjata tajam, kita punya beberapa program kegiatan.

 "Salah satunya 'Patroli Sibulan' atau sikat pemabuk jalanan yang dilaksanakan setiap hari oleh Polresta Manado dan Polsek jajaran. Dan alhamdulillah, Puji Tuhan, kriminalitas di Kota Manado ini sudah turun,” katanya.

Dia  juga mengimbau warga masyarakat agar tidak mengonsumsi minuman beralkohol dan membawa senjata tajam tanpa izin. 

“Mari kita sama-sama mempertahankan keamanan yang baik di Kota Manado,” kata Kapolresta.

Dirbinmas Polda Sulut Kombes Pol Dumadi pada saat itu menyampaikan terkait pengamanan swakarsa.

“Pengamanan swakarsa ini bertugas menjaga situasi keamanan dan ketertiban di lingkungannya secara swakarsa untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas. Pengamanan swakarsa itu terdiri atas Satpam dan Satkamling, juga ada yang berasal dari pranata sosial atau kearifan lokal,” kata Dumadi.

Kegiatan "Jumat Bacirita”, tersebut dilaksanakan Ditbinmas Polda Sulawesi Utara (Sulut) dan Satbinmas Polresta Manado, untuk mendengarkan masukan maupun keluhan masyarakat.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Selain Dirbinmas Polda Sulut dan Kapolresta Manado, hadir juga pada saat itu, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Lis Cristian, Wakapolresta, para Kasat Polresta Manado, pengemudi angkutan umum, dan warga masyarakat.
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024