Manado, (ANTARA Sulut) - Seluruh jamaah haji asal Sulawesi Utara telah tiba di Makkah dan sedang melakukan berbagai rutinitas ibadah haji, sambil menunggu pelaksanaan wuquf.

"Alhamdulillah seluruh jamaah haji Sulut dalam keadaan sehat wal afiah dan saat ini tengah mengerjakan berbagai kegiatan ibadah seperti umrah dan ziarah ketempat-tempat bersejarah", kata Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Sulut, Abdul Azis Tegela, Jumat di Manado.

Jamaah haji Sulut berjumlah 561 orang terbagi dalam dua kloter Embarkasi Sepinggan Balikpapan, kloter sembilan sebanyak 353 orang, terdiri jamaah Kota Manado, Minahasa, Minahasa Utara, Tomohon, Bitung, Bolaang Mongondouw Timur, Sangihe, Minahasa Tenggara dan Kabupaten Talaud itu berangkat dari Balikpapan 16 September 2014.

Kloter sepuluh  merupakan kloter gabungan sebanyak 194 orang terdiri, jamaah Kotamobagu 101, Bolaang Mongondouw induk 47,  Bolaang Mongondouw Utara 31, Bolaang Mongondouw Selatan tiga jamaah dan Kabupaten Minahasa Selatan 12 jamaah tersebut, bergabung dengan  jamaah Kalimantan Timur.

Sementara itu, Ketua Kelompok Bimbingan Ibadah haji, Babussalam Sulut, Djafar Madiu secara terpisah mengatakan, jamaah haji  Kota Manado, tergabung dalam Babussalam saat ini dalam keadaan sehat wal afiat dan sedang melakukan berbagai kegiatan rukun sunnah.

"Kita doakan semoga seluruh jamaah haji selalu diberikan kemudahan dan tetap dijaga oleh Allah SWT sehingga bisa kembali pulang dengan haji mabrur dan berkumpul bersama sanak saudara", kata  Madiu.

Pewarta : Oleh Guntur Bilulu
Editor : Guntur Bilulu
Copyright © ANTARA 2024