Manado, 4/9 (AntaraSulut) - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi meresmikan penggunaan Pasar Beriman Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kamis, untuk mendukung aktivitas perdagangan di kota itu.

"Pasar tradisional ini diharapkan dapat digunakan sebagaimana mestinya," kata Bayu saat meresmikan Pasar Beriman di Tomohon, Kamis.

Ia menyebutkan pasar tersebut merupakan salah satu pasar yang diresmikan dari beberapa pasar di provinsi-provinsi lain di Indonesia.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut, Olvie Atteng mengatakan dengan peresmian Pasar Beriman Tomohon itu diharapkan aktivitas perdagangan di daerah itu akan semakin baik.

Adanya�pasar tradisional itu, katanya, akan membuat aktivitas jual beli semakin ramai.

"Nantinya perlu dilakukan penataan kembali Pasar Beriman agar memberi kenyamanan baik untuk pedagang dan pengunjung atau pembeli," katanya.

Ia menyebutkan penataan infrastruktur lebih lanjut di Pasar Beriman itu telah diserahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Kota Tomohon.

Dana pembangunan pasar itu berasal dari anggaran Kementerian Perdagangan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diserahkan langsung kepada Pemerintah Kota Tomohon.

Wamendag dalam kunjungannya di Sulut, selain meresmikan Pasar Beriman, juga meninjau industri rumah panggung, memberikan kuliah umum di Universitas Sam Ratulangi dan meninjau Pelabuhan Bitung serta menyaksikan simulasi sistem Nasional Single Window (NSW) di Kantor Bea Cukai Kota Bitung.***2***



Pewarta : Oleh Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024