Sitaro (ANTARA) - Sebanyak empat Pengawas Kelurahan Desa (PKD) di Kecamatan Siau Tengah (Siteng), Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dilantik.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) dilaksanakan di Aula Little House Ulu, Selasa (07/02).

Sebelum pelantikan didahului dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Ketua Panwaslu Kecamatan Siteng tentang penetapan PKD se-Kecamatan Siteng dalam pemilihan umum serentak tahun 2024.

Sesuai SK yang dibacakan tersebut, sebanyak empat orang PKD dilantik mewakili keempat desa di Kecamatan Siau Tengah. Adapun PKD yang dilantik yakni Marcos Salindeho (PKD Lai), Lusye Kudato (PKD Dompase), Nivilia Tamaka (PKD Salili) dan Anastasia Angkobos (PKD Beong).

Dari pantauan, kegiatan dilanjutkan dengan pengucapan ikrar sumpah janji PKD oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Siteng, Jackmar Tamahari diikuti oleh keempat PKD disaksikan oleh rohaniwan. Kemudian pembacaan dan penandatanganan pakta integritas serta penyerahan SK secara simbolis.

Dalam sambutan Tamahari menekankan, agar PKD dalam menjalankan tugas harus bersikap netral dan mengedepankan integritas sebagai ujung tombak dalam Pemilu serentak 2024.

"Selamat bagi rekan-rekan yang baru dilantik. Selamat bergabung sebagai penyelenggara Pemilu. Ditekankan bagi kita agar dalam menjalankan tugas nanti bisa menjaga netralitas serta bekerja dengan penuh rasa tanggungjawab," tegas Tamahari.

Kegiatan dilanjutkan dengan Bimtek PKD dengan pemateri Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Kepulauan Sitaro, Henrolds Tatengkeng.

Dia berharap setelah mengikuti kegiatan Bimtek, para PKD bisa memahami tupoksi PKD Pemilu 2024 dan mengaplikasikan di lapangan.

"PKD yang dilantik kiranya bisa berkolaborasi dengan berbagai pihak di tingkat desa. Harapan kami Pemilu 2024 bisa sukses terlaksana," kunci Tatengkeng.

Hadir dalam kegiatan Camat Siteng, kapitalu se-Kecamatan Siteng, Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Siteng.

Pewarta : Stenly RM Gaghunting
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024