Manado (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Utara  mengingatkan jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Manado  untuk melaksanakan tugas dengan baik.

"Mengingatkan kepada seluruh jajaran Rutan Manado untuk menjalankan tugas dan fungsi dengan sebaik-baiknya sesuai dengan SOP yang telah ada," kata Ronald Lumbuun saat meninjau Rutan Manado, Selasa.

Pada kunjungan monitoring tersebut, Ronald Lumbuun didampingi 
Kepala Rutan Manado Deny Fajariyanto berkeliling melihat sarana dan prasarana di Rutan Manado, mulai dari ruang perkantoran, ruang kunjungan, lapangan, rumah ibadah hingga blok-blok hunian.

Ronald Lumbuun juga menyempatkan diri menyapa dan berbincang ringan dengan warga binaan pemasyarakatan  yang berada di Rutan Manado. 

Pada kesempatan itu dia memberikan motivasi kepada para warga binaan untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan mengasah keterampilan yang telah difasilitasi oleh Rutan Manado.

Selain Rutan Manado, Ronald Lumbuun juga meninjau Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Manado.

Dalam kunjungan yang diterima langsung oleh Kepala Rupbasan Manado Muhadi bersama jajarannya ini, Ronald Lumbuun meninjau sarana dan prasarana yang tersedia di Rupbasan Manado. 

Kakanwil  juga melihat barang rampasan (baran) dan benda sitaan (basan) yang terdapat di gudang terbuka maupun gudang tertutup Rupbasan Manado.

Ronald Lumbuun berpesan kepada Kepada Rupbasan Muhadi untuk sigap dan lebih aktif lagi berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait mengenai kepastian hukum basan dan barang yang berada di Rupbasan Manado. 

"Optimalkan tata kelola basan dan baran demi meminimalisasi potensi terjadinya kerugian negara akibat pemeliharaan yang memakan waktu lama," katanya.

Pada peninjauan itu Kakanwil Ronald Lumbuun didampingi Kepala Divisi Administrasi John Batara, Kepala Divisi Pemasyarakatan I Putu Murdiana dan Kepala Divisi Keimigrasian Friece Sumolang.

 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024