Manado (ANTARA) - Wakapolda Sulawesi Utara (Sulut)
Brigjen Pol Jan de Fretes berharap, Satuan Pengamanan (Satpam) untuk lebih profesional dalam menjalankan tugas-tugasnya.

“Juga lebih banyak berkomunikasi dan meningkatkan kerja sama di bidang tugasnya dengan Polri," kata Wakapolda pada peringatan HUT ke-42 Satuan Pengamanan (Satpam) tahun 2022, di Manado, Senin.

Wakapolda menambahkan, sehingga apa yang dicita-citakan oleh kita semua bahwa situasi aman dan kondusif itu dapat tercapai.

Peringatan  bertemakan, “Sinergisitas Satpam dan Polri, peduli untuk sesama” ini dihadiri  para Pejabat Utama Polda Sulut, Ketua Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) Sulut beserta para pimpinan Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP). Dengan peserta upacara antara lain, personel Polri, Satpam.

 Ketua ABUJAPI Sulut Bambang Dwidjatmiko mengatakan ke depan Satpam mampu meningkatkan profesionalisme. 

“Harapan ke depan, Satpam meningkatkan profesionalisme, pelayanan dan juga meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat maupun pengguna jasa pengamanan. Bahwa Satpam itu hadir dalam tugas melakukan pengamanan kepolisian terbatas,” katanya.

Menurut dia, kehadiran Satpam sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa, diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf c UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri yang berbunyi “Pengemban fungsi kepolisian adalah Kepolisian Negara Republik Indonesia yang dibantu oleh bentuk-bentuk pengamanan swakarsa”.

“Dengan demikian, ada sinergitas antara Polri, Satpam, dan para pengguna jasa pengamanan bahwa, Satpam hadir untuk mengamankan di wilayah kerjanya,” katanya.

Pada upacara peringatan tersebut ditandai dengan pembacaan prinsip-prinsip penuntun Satpam oleh salah seorang perwakilan personel Satpam. 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024