Manado, 6/8 (AntaraSulut) - Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro Menangah (Diskop UMKM) Manado, Sulawesi Utara menyatakan bahwa daerah ini telah memiliki 921 unit koperasi terdaftar pada 2014.

"Dari jumlah tersebut 514 diantaranya masih aktif melakukan kegiatan, sementara sisanya 407, tidak lagi berkegiatan," kata Kepala Dinas Koperasi UMKM Manado Ricky Poli, di Manado, Rabu.

Ricky mengatakan, dalam pelaksanaan jumlah koperasi dari 2014 ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, dimana pasda 2013 lalu jumlah koperasi di Manado ada sebanyak 912 unit.

Ia mengakui dari tahun ke tahun, koperasi di Kota Manado, terus bertambah, dan aktif melakukan kegiatannya baik serba usaha maupun simpan pinjam.

Mengenai modal usaha, menurut Ricky ada yang menggunakan sendiri sebesar Rp108,8 miliar dan dari luar sebesar Rp99,2 miliar pada tahun ini.

Sedangkan anggotanya, Ricky mengatakan, dari 921 koperasi pada 2014, jumlah mencapai 92.176 orang yang juga bertambah dari tahun sebelumnya.

"Pada 2013 lalu dari 912 koperasi yang ada di Manado, anggotanya tercatat sebanyak 91.234 orang," katanya.

Ia mengatakan, Dinas Koperasi dan UMKM Manado sebagai pembina koperasi di Manado, terus melakukan kegiatan pembinaan kepada koperasi agar terus berkembang dan menjadi kekuatan perekonomian di Indonesia.

Menurutnya pembinaan kepada koperasi antara lain adalah memberikan bantuan modal serta pelatihan manajemen agar bisa mengelola koperasi dengan baik, serta mensosialisasikan koperasi kepada masyarakat.

"Yang terpenting kami memberikan pemahaman kepada masyarakat agar dalam menjalankan koperasi harus sesuai dengan ketentuan dan jangan menyimpang karena hasilnya adalah untuk kesejahteraan bersama," katanya.

Pewarta : Oleh Joyce Bukarakombang
Editor :
Copyright © ANTARA 2024