Sangihe, Sulut (ANTARA) - Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Franky Nantingkase mengatakan pemerintah daerah setempat menyalurkan bantuan operasional kepada 952 tokoh agama di daerah itu.

"Saat ini sementara bantuan operasional disalurkan kepada tokoh agama Kristen dan Islam yang ada di Kabupaten Sangihe," kata Franky Nantingkase di Tahuna, Kamis.

Menurut dia, pemberian bantuan dana operasional bagi tokoh agama dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe melalui Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di daerah itu.

"Bantuan operasional kepada tokoh agama yang ada di Sangihe sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe kepada tokoh agama yang selalu mendukung program pemerintah daerah," kata dia.

Penyaluran bantuan operasional dilakukan secara bertahap di Papanuhung Santiago, rumah jabatan bupati Kepulauan Sangihe.

"Bantuan diserahkan secara bertahap bertempat di ruang Papanuhung rumah jabatan bupati Kepulauan Sangihe yang diatur sesuai kecamatan," kata dia.

Menurut dia, bantuan operasional bagi tokoh agama disalurkan untuk enam bulan terhitung mulai Juli sampai Desember 2022 total sebesar Rp1,6 miliar.

Sedangkan bantuan untuk Januari sampai dengan Juni 2022 sudah disalurkan dan diterima oleh tokoh agama Islam dan Kristen.

Bantuan operasional yang diberikan, kata dia, merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada tokoh agama yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

"Tokoh agama selama ini sangat berperan membantu program Pemerintah Kabupaten Sangihe untuk menjaga kerukunan dan program pemerintah lainnya sehingga setiap program terlaksana dengan baik termasuk vaksinasi COVID-19," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024