Manado (ANTARA) - Jasa Raharja Sulawesi Utara bersama Dinas Perhubungan (Dishub) provinsi tersebut melaksanakan  giat "ram check" atau pemeriksaan surat-surat dan kondisi kelaikan kendaraan angkutan umum dalam rangka pencegahan kecelakaan lalu lintas dan optimalisasi pendapatan.

 Kepala Cabang PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Utara (Sulut) Amaluddin Salam, di Manado, Selasa mengatakan Jasa Raharja adalah salah satu BUMN yang diberikan amanah untuk memberikan perlindungan dasar pada setiap penumpang angkutan baik darat, laut, dan udara .

“Semoga dengan upaya ini bisa membantu meminimalisasi terjadinya kecelakaan  yang diakibatkan oleh alat angkutan umum," katanya.

Dia menambahkan ini juga untuk meningkatkan kesadaran para pengusaha angkutan umum untuk menjaga kondisi kendaraannya layak digunakan.

 Giat ram check berupa pemeriksaan surat-surat kendaraan dan kondisi kendaraan apakah  layak beroperasi atau tidak tersebut dilaksanakan di Terminal Karombasan Manado.

Kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin oleh Jasa Raharja Sulut bersama dengan Dishub Sulut dalam rangka memberikan keterjaminan serta perlindungan terhadap semua pemilik kendaraan bermotor umum.

Pada saat tersebut juga dilakukan sosialisasi terkait dengan Peraturan Gubernur No 74 Tahun 2022 serta sosialisasi terkait dengan UU No 22 tahun 2009 pasal 74 sehingga masyarakat paham akan pentingnya membayar pajak kendaraan serta membayar SWDKLLJ sebagai perlindungan dasar terhadap korban kecelakaan lalu lintas jalan yang menjamin jaminan Jasa Raharja.



 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024