Sangihe, Sulut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) setempat akan melaksanakan pemeriksaan  barang kedaluwarsa yang dijual kepada masyarakat, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Kami akan menurunkan tim untuk melaksanakan pemeriksaan semua barang yang sudah kedaluwarsa tapi masih dijual kepada masyarakat," kata Kepala Dinas Perindag Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara Abdul Rivai Mahdang di Tahuna, Selasa.

Menurut Abdul Rivai Mahdang, pemeriksaan barang kedaluwarsa sangat penting sebab menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru masyarakat membutuhkan banyak bahan makanan.

"Jangan sampai barang yang sudah kedaluwarsa tapi masih dijual kepada masyarakat," kata dia.

Guna menjaga hal tersebut, tim pemerintah Kabupaten Sangihe akan melakukan pemeriksaan di setiap minimarket dan tokoh serta kios yang menjual bahan makanan.

"Pemerintah harus memastikan bahwa semua bahan makan yang dijual kepada masyarakat tidak kedaluwarsa atau harus layak dikonsumsi oleh masyarakat," kata dia.

Selain barang kedaluwarsa, tim pemerintah Kabupaten Sangihe juga memastikan stok bahan makanan harus tersedia dalam jumlah yang cukup.

"Kami juga mengecek stok bahan makanan agar tersedia menjelang perayaan Natal termasuk harga jangan sampai memberatkan masyarakat," kata dia.

Dia juga mengajak masyarakat agar tidak kuatir terhadap kelangkaan bahan makanan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru sebab pemerintah bersama pedagang tetap menjaga stok bahan agar tetap tersedia.

"Masyarakat tidak perlu membeli bahan makanan secara berlebihan sebab pemerintah menjamin stok tetap tersedia sampai dengan Tahun Baru," kata Abdul Rivai Mahdang.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024