Sangihe, Sulut (ANTARA) - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara Junaidi Bawenti meminta kepada semua jajarannya yang ada di kecamatan untuk mengedepankan fungsi pencegahan dalam melakukan pengawasan pemilihan umum.

"Pengawasan setiap tahapan pemilihan umum yang dilakukan jajaran panwaslu kecamatan harus mengedepankan fungsi pencegahan sebelum dilakukan penindakan," kata Junaidi Bawenti di Tahuna, Rabu.

Menurut dia, Bawaslu sampai saat ini sudah memberikan pembekalan kepada 45 personil panitia pengawas pemilihan umum kecamatan setelah dilantik pada beberapa minggu yang lampau.

"Pasca pelantikan personil panwaslu kecamatan langsung dilanjutkan dengan pembekalan kepada anggota panwaslu serta jajaran sekretariat," kata dia.

Pembekalan tersebut dilakukan guna memberikan pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab panwaslu kecamatan dalam melaksanakan tugas pengawasan.

Dia juga mengingatkan seluruh jajaran Bawaslu yang ada di kecamatan agar terus mempelajari setiap aturan pengawasan yang diterbitkan oleh Bawaslu Republik Indonesia.

"Panwaslu kecamatan harus terus mempelajari setiap aturan tentang pengawasan agar tidak salah bertindak di lapangan," kata dia.

Dia juga meminta kepada jajarannya agar tetap menjaga kekompakan tim kerja supaya dapat melaksanakan tugas dengan baik.

"Jaga dan pelihara terus kekompakan tim kerja dalam menjalankan tugas di wilayah masing-masing," kata dia.


Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024