Manado (ANTARA) - PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo bersama dengan Persatuan Istri Karyawan dan Karyawati (PIKK) mengedukasi kelistrikan pada anak usia dini di Provinsi Sulawesi Utara.

"Hal ini dilakukan untuk memperkenalkan PLN kepada anak sejak dini, dan juga sebagai dukungan dalam perayaan Bulan Bahasa dan Sastra yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara," kata Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UIW Suluttenggo, W Gautama, di Manado, Sabtu.

Dia mengatakan pihaknya Balai Bahasa yang sudah mengundang dan mempercayakan PLN dalam kontribusi memeriahkan Bulan Bahasa dan Sastra.

“PLN dan Balai Bahasa sudah menjalin kerja sama dan saling mensinergikan beberapa program kerja kurang lebih selama dua tahun belakangan ini, untuk itu di beberapa kesempatan penyerahan bantuan PLN kepada masyarakat melalui program TJSL seperti peresmian Taman Baca Masyarakat (TBM) itu selalu didukung oleh Balai Bahasa," kata Gautama.

Selain mengundang PLN dan PIKK, dalam acara yang diikuti oleh perwakilan anak-anak sekolah dasar yang ada di Manado ini, Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara juga turut mendatangkan tamu istimewa yaitu Konsul Jenderal Filipina di Manado, Hon Angelica C Escalona.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara, Januar Pribadi, mengatakan bulan Oktober ini diperingati sebagai Bulan Bahasa dan Sastra oleh sebab itu ada beberapa kegiatan yang diselenggarakan dalam memeriahkan bulan yang penuh keceriaan ini.

“Selain agenda kegiatan bercerita untuk anak ini, kami juga melaksanakan beberapa kegiatan seperti bincang sastra, pentas sastra, lomba baca puisi, dan kampanye bahasa yang keseluruhan kegiatan tersebut kami kemas di bulan ini,” ujar Januar.

Ketua PIKK PLN UIW Suluttenggo, Elisa Meijer Ari Dartomo serta Konsul Jenderal Filipina di Manado, Hon Angelica C Escalona berkesempatan menceritakan beberapa cerita pendek kepada anak-anak yang hadir di Balai Bahasa.

“Saya memilih cerita yang saya gemari pada waktu saya kecil untuk diceritakan, dan ini menjadi kali pertama saya berinteraksi bersama dengan anak-anak di Indonesia, dan saya juga masih mempelajari bahasa Indonesia yang dibantu oleh Balai Bahasa,” ujar Angelica.

Elisa Meijer Ari Dartomo yang baru menjabat selaku Ketua PIKK PLN UIW Suluttenggo ini mengatakan kegiatan kolaborasi seperti ini akan menjadi perhatian khusus bagi pengurus PIKK karena dapat memberikan manfaat yang sangat berarti.

“Sebagai istri dari pegawai, kami dituntut untuk bisa mendukung kedinasan dari suami dan perusahaan, PIKK PLN juga selalu melaksanakan kegiatan yang positif seperti pada saat ini kami diberikan kesempatan untuk turut bercerita kepada anak-anak di bulan bahasa dan sastra saat ini," kata Elisa.

Pada kesempatan ini Elisa bercerita terkait dengan Komik Si Lintar yang merupakan komik cerita anak berisi edukasi kelistrikan untuk anak usia dini. Selain itu, tampilan komik yang menarik dengan cerita bergambar menjadi daya tarik tersendiri bagi yang membacanya.

Terlihat antusiasme dari anak-anak yang mengikuti cerita yang dibawakan oleh Ketua PIKK PLN UIW Suluttenggo, tak sedikit yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Elisa Meijer Ari Dartomo yang memberikan pertanyaan seputar listrik yang dapat dipahami oleh anak-anak.


 


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024