Manado (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara meluncurkan program inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada umat dan masyarakat setempat pada umumnya.

"Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) meluncurkan tiga program inovasi dalam rangka pembenahan manajemen serta peningkatan pelayanan bagi umat dan layanan publik, demi kemajuan institusi Kementerian Agama," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulut Sarbin Sehe di Manado,Jumat.

Ketiga program inovasi tersebut, yakni program Jum`at (Jumpa Masyarakat), Minggu Menyapa, dan Buku Tamu Berbasis Online.

Ia berharap, program ini akan berjalan lancar dan sukses serta memberikan manfaat bagi semua warga.

“Selamat atas diresmikan program ini, semoga menjadi program unggulan dan sukses terus,” ucap Sarbin yang juga mantan Kakanwil Kemenang Maluku Utara itu.

Kepala Kantor Kemenag Bolmut Idrus Sante mengatakan program inovasi itu sudah mulai diaplikasikan secara perlahan dengan harapan berlangsung secara kontinyu setelah diluncurkan secara resmi.

“Sebenarnya program ini sudah jalan, tapi untuk lebih menggigit maka kegiatan ini akan lebih ditingkatkan setelah diluncurkan," ucap dia.

Ia menjelaskan program inovasi Jum`at ini digagas oleh Seksi Bimbingan Masyarakat Islam sebagai upaya mewujudkan visi Kementerian Agama dan menjadikan masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang agamais.

Melalui program ini, katanya, pembinaan keagamaan bagi umat Islam dilakukan secara dekat dengan melakukan penyuluhan dan Shalat Jumat bersama.

“Kegiatan Jum`at ini dilaksanakan oleh Kantor Urusan Agama di wilayah kerja masing-masing, dengan memanfaatkan peran penyuluh agama Islam PNS dan non-PNS,” kata Idrus.

Pprogram inovasi Minggu Menyapa digagas oleh Penyelenggara Kristen yang dilakukan setiap hari Minggu oleh pegawai dan staf bersama penyuluh agama Kristen non-PNS Kementerian Agama Kabupaten Bolmut untuk memberikan pembinaan kepada umat Kristiani.

“Tujuannya adalah untuk memberi pencerahan kepada masyarakat tentang nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan”, tambahnya.

Program Buku Tamu Berbasis Online sebagai langkah pengembangan digitalisasi untuk menuju pembangunan zona integritas.

“Dengan program Buku Tamu Berbasis digital ini, pengunjung akan diarahkan untuk mengisi buku tamu secara online (daring) dengan sistem barcode qr. Data diri, maksud dan tujuan, serta indeks kepuasan diisi pada data form," jelasnya.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024