Manado (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Mulyatno tanamkan wawasan kebangsaan kepada insan PLN Wilayah Sulawesi Utara Sulawesi Tengah Gorontalo (Suluttenggo) sebagai bentuk penerapan nilai-nilai Pancasila.

"Wawasan kebangsaan ini bertujuan untuk menumbuhkan dan menanamkan sikap nasionalisme sebagai warga negara Indonesia," kata Mulyatno, di Manado, Sabtu.

Dia mengatakan sehingga terbentuk jiwa patriotisme dan rasa cinta tanah air yang dituangkan dalam wujud bela negara bagi keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Pancasila, katanya, sebagai dasar negara merupakan titik temu dari masyarakat yang majemuk untuk mencapai Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

"Jadi kita harus memahami bersama bahwa perekat kita sebagai bangsa Indonesia adalah Pancasila," kata Mulyatno.

Dia mengatakan kehidupan berbangsa dan bernegara kedepannya tergantung pada diri sendiri.

"Untuk itu saya mengajak mari kita satukan tekad untuk selalu mencintai Negara dan berbuat sebaik-baiknya untuk masyarakat Indonesia,” kata Mulyatno.

Sementara itu, Direktur Distribusi PLN, Adi Priyanto mengatakan pihaknya mengajak semua untuk terus meningkatkan sinergi dan kerja sama kepada seluruh pemangku kepentingan yang merupakan wujud penerapan budaya akhlak BUMN.

"Saya juga mengapresiasi inisiatif dari PLN UIW Suluttenggo dalam melaksanakan kegiatan ini dan semoga ini akan menjadi contoh bagi unit lain,” tutur Priyanto.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo, Johanes Avilla Ari Dartomo mengatakan dalam menghadapi tantangan zaman yang begitu pesat, insan PLN membutuhkan landasan yang kuat dalam hal persatuan dan kesatuan untuk bisa bertahan dalam era disrupsi ini.

“Berbicara mengenai persatuan, kita tentu sadar bahwa tujuan PLN berdiri adalah untuk dapat memberikan kesempatan bagi segenap rakyat Indonesia hingga ke pelosok negeri agar dapat menikmati terang dari energi listrik yang berkeadilan,” kata Dartomo.

 

Sehingga, katanya, jika ditarik benang merahnya Pancasila menjadi jawaban mengapa seluruh masyarakat berhak menikmati listrik.

 

Untuk itu, katanya, PLN memandang pentingnya wawasan kebangsaan diperkokoh bagi setiap insan PLN yang setiap hari berjibaku dalam menjaga Amanah ini.

 

Untuk kenyamanan layanan, Aplikasi PLN Mobile menjadi solusi masyarakat untuk bisa mengakses layanan kelistrikan kapanpun dan dimanapun. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Playstore atau Appstore, dengan PLN Mobile Semua Makin Mudah.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024