Sangihe, Sulut (ANTARA) - Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Rinny Tamuntuan menerima penghargaan Anugerah Pendidikan Indonesia (API) tahun 2022 yang diberikan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI).

"Penghargaan tersebut diterima oleh Penjabat Bupati Sangihe, Rinny Tamuntuan di Cendrawasih Hall Jakarta Convation Center (JCC)," kata Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Sangihe, Hofni Katiandagho di Tahuna, Jumat.

Menurut dia, penghargaan yang diserahkan oleh Ketua IGI Pusat, Danang Hidayatullah, juga diberikan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sangihe Djoli Mandak serta kepada tokoh dari daerah lain yang dianggap layak mendapatkan penghargaan atas perhatian, dedikasi, kontribusi dan peran aktifnya dalam meningkatkan kompetensi guru dan pendidikan.

Selain Penjabat Bupati dan Kadis Pendidikan Sangihe, penghargaan yang sama juga diberikan kepada 35 orang lainnya terdiri dari beberapa Gubernur, Bupati/Walikota, Wakil Bupati/Walikota, Anggota DPR RI, Ketua DPRD, Kepala Dinas Pendidikan dan tokoh yang berperan memberi kontribusi dalam dunia pendidikan.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Ikatan Guru Indonesia atas penghargaan yang boleh diterima.

"Tentunya penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami selaku pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan peningkatan mutu pendidikan termasuk di dalamnya memberi dukungan kepada para guru sebagai orang-orang yang memiliki peranan penting di dunia pendidikan," kata dia.

Melihat perkembangan dunia saat ini, setiap guru juga harus terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan metode-metode pembelajaran yang digunakan, mengingat realitas yang terjadi saat ini telah berada di jaman digitalisasi yang serba modern.

Pemerintah tentunya akan senantiasa meminta para guru untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam memajukan pendidikan di daerah, tambah dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024