Manado (ANTARA) - PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah Dan Gorontalo (UIW Suluttenggo) menyiapkan daya sebesar 3,4 MW guna mendukung program elektrifikasi Pelindo Regional 4.

"Kami menyambut baik program elektrifikasi untuk mendukung penggunaan energi ramah lingkungan pada operasional Pelindo Regional 4," General Manager PLN UIW Suluttenggo Leo Basuki, di Manado, Sulawesi Utara, Jumat.

Leo menjelaskan program Elektrifikasi Pelindo Regional 4 dalam memenuhi peran untuk mendukung kampanye penurunan emisi karbon di Indonesia.

Hal ini juga, ujar dia, menjadi gerakan lanjutan atas kolaborasi yang sudah terjalin lama antara PLN UIW Suluttenggo dan Pelindo Regonal 4.Selain menjadi kampanye transisi energi bersih dan ramah lingkungan bagi operasional Pelindo Regional 4, juga akan sangat memberikan benefit khususnya dari sisi penurunan biaya operasional Pelindo Regional 4.

Program elektrifikasi ini akan sangat me-reformasi suplai energi dalam seluruh rantai operasional, antara lain RTG, alat angkut peti kemas, mobilisasi non kargo, hingga pengelolaan limbah "off-site".

Leo Basuki mendukung penuh upaya elektrifikasi ini yang memang sejalan dengan gerakan nyata PLN sebagai "Future Energy Provider".

"Tentunya kami memiliki suplai daya yang cukup untuk mewujudkan program Pelindo ini dan kami pastinya akan memberikan layanan listrik kelas 1 kami", tutur Basuki.

Division Head Teknik Regional 4 Debby Duakaju mengatakan pihaknya memandang program elektrifikasi ini dapat memberikan nilai tambah bagi operasional Pelindo bahkan dapat memberikan perubahan pada keberlanjutan bisnis pihaknya.

Saat ini, ungkap dia, total sudah ada sebanyak 165 peralatan yang tersebar di 15 cabang pelabuhan Pelindo Regional 4 yang telah berhasil menggunakan listrik sebagai energi utama.

"Ditargetkan pada tahun 2025 kami dapat mengelektrifikasi total 180 alat kami pada program ini, tentunya hal ini dapat kami wujudkan dengan dukungan penuh dari PLN UIW Suluttenggo," ujar Debby.

Program elektrifikasi ini direncanakan akan membutuhkan daya sebesar 3,4 MW di tahap awal. Selanjutnya seluruh program elektrifikasi ini yang diharapkan dapat mereduksi biaya operasional Pelindo Regional 4 hingga 30 persen yang meliputi Shore Connection, Alat Bongkar Muat Hybrid, pembangunan PLTS, dan pemanfaatan inovasi PLN UIW Suluttenggo, dalam hal ini Stasiun Pengisian Listrik Kapal Sandar (SPLIKS).


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024