Manado (ANTARA) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Laksamana Pertama TNI Nouldy J. Tangka mengatakan, tujuan Gerakan Nasional Laut Bersih adalah menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan laut.

"Gerakan ini bertujuan menumbuhkan kepedulian warga, khususnya masyarakat maritim terhadap kebersihan laut sebagai sumber kehidupan yang harus dijaga dan dilestarikan," kata Danlantamal pada pelaksanaan Gerakan Nasional Laut Bersih yang digelar di Pantai Dodik, Kampung Kodok, Kelurahan Wangurer, Kota, Bitung, Rabu.

Danlantamal VIII berharap kegiatan tersebut dapat diselenggarakan secara berkelanjutan. "Sehingga wilayah laut dan pantai khususnya di wilayah Wangurer akan menjadi destinasi wisata laut dan pantai di masa mendatang," kata Danlantamal.

Kegiatan itu, ditandai dengan penyerahan alat kebersihan oleh Danlantamal VIII kepada perwakilan peserta. Pada kegiatan melibatkan 550 personel terdiri dari TNI/Polri, jajaran Pemerintah Kota Bitung, pelajar dan masyarakat umum itu, membersihkan pantai dengan mengangkat sampah.

Selain di Pantai Dodik, Lantamal VIII juga menggelar kegiatan serupa di dua tempat lainnya, yakni Pantai Kalinaun Kecamatan Likupang Timur, Minahasa Utara dan Pantai Tandu Rusa, Kecamatan Aertembaga, Bitung.

Kegiatan Gerakan Nasional Laut Bersih tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran TNI Angkatan Laut dengan mengangkat tema “Membangun kejayaan maritim untuk pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, laut bersih rakyat sejahtera”.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 TNI AL Tahun 2022.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024