Manado (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, menggencarkan penyuluhan tentang keluarga berencana (KB) untuk mencegah stunting di kabupaten tersebut.

Bupati Minahasa Royke O Roring, di Tondano, Minggu, mengatakan penyuluhan dilakukan sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan kasus stunting.

"Berdasarkan data nasional, ada jutaan balita di Indonesia teridentifikasi berisiko stunting," katanya.

Padahal, kata dia, pencegahan dan percepatan penurunan stunting menjadi salah satu agenda prioritas nasional untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, dan produktif.

"Oleh karena itu, pemerintah terus melakukan upaya untuk menurunkan angka stunting melalui pelayanan KB," katanya.

Bupati menjelaskan program KB menjadi kunci penting dalam rangka menurunkan angka stunting nasional. "Oleh karena itu, pemerintah terus menggenjot program KB di seluruh daerah," katanya.

Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey menambahkan bahwa tema dari kegiatan ini adalah penyuluhan KB sebagai upaya pencegahan stunting.

”Saya berharap kegiatan ini dapat mendukung upaya bersama dalam mencegah terjadinya stunting dan kondisi gizi buruk pada balita,” kata Robby.

Dia juga berharap para penyuluh memiliki pemahaman yang baik, sehingga dalam mengedukasi masyarakat akan bahaya stunting dapat tersampaikan dengan baik dan benar.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024