Manado (ANTARA) - Sebanyak 70 kapal dari dalam dan luar negeri akan menjadi peserta pada 'Likupang North Sulawesi International Fishing Competition' (LNSIFC) yang akan digelar tengah September mendatang.

"Saat ini sudah terdaftar 70 tim, masing-masing tim lima sampai enam orang. Jadi ada sebanyak 70 kapal yang nantinya akan memancing dari Likupang sampai ke Biaro, dua hari dua malam dan finish nanti di Megamas," jelas Penjabat Sekdaprov Sulut Praseno Hadi di Manado, Kamis.

Praseno menambahkan bahwa terdapat lima negara yang telah mendaftar dan masih terus berproses, selain itu ada juga permintaan dari beberapa kedutaan Indonesia di luar negeri mengikuti kegiatan ini.

"Di Megamas juga ada Festival Tuna dan Sashimi. Juga ada pemecahan rekor MURI Tuna," katanya.

Sekdaprov juga mengungkapkan bahwa event ini didukung oleh Presiden Joko Widodo beserta jajaran kementerian dan direncanakan dihadiri oleh Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Tohir, Menparekraf Sandiaga Uno, Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono.

"Mohon dukungan dari teman-teman sekalian bersama. Karena di level kementerian sampai Presiden juga ikut bersama-sama mendukung suksesnya acara ini," ujarnya.

Kompetisi ini menyiapkan hadiah yang terdiri atas Piala Presiden, Piala Gubernur Sulut dan hadiah uang.Hadiah untuk kategori luar negeri dan nusantara, yakni Rp150 juta (juara I), Rp75 juta (juara II), Rp37,5 juta (juara III).

Untuk kategori tradisional, yakni; Rp15 juta (juara I), Rp10 juta (juara II) dan Rp5 juta (juara III).

Spesies ikan yang dilombakan terdiri atas Yellow Fin Tuna, Grouper, Lamadang, Ruby Snaper, Amber Jack/Kuwe, Barracuda, Macarrel, Giant Travelly.

Event LNSIFC 2022 ini juga akan didukung penuh TNI AL dan sejumlah instansi terkait.


Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024