Manado (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) meningkatkan penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dengan menggencarkan sosialisasi terkait hal tersebut dalam ajang Kawanua Digifest Basuara, di Manado, Jumat.

"BI bekerja sama dengan BMPD Sulawesi Utara dan stakeholders (pemangku kepentingan) terkait, mendorong peningkatan penggunaan pembayaran nontunai dengan ORIS melalui berbagai rangkaian kegiatan Kawanua Digifest Basuara," kata Kepala BI Perwakilan Sulut Arbonas Hutabarat, di Manado, Jumat.

Dia mengatakan rangkaian acara Pekan ORIS Nasional antara lain adalah Basuara Fashion Street (kategori anak-anak, remaja, orang dewasa, perbankan), Lomba K-Pop/Dance, Lomba Fotografi, zumba bersama Debora dan berbagai performance dari Ikatan Nyong Noni Sulut, Ikatan Wanita Perbankan, Open Street dari berbagai komunitas, Basuara Choir, band lokal serta launching Program SIAP ORIS, dan ditutup dengan hiburan dari Bassgilano.

Dia mengatakan sebelumnya telah dilakukan perlombaan Basuara Choir Contest yang telah dilaksanakan pada tanggal 16-18 Agustus 2022.

Arnonas menjelaskan selama kegiatan hari ini dan besok, masyarakat dapat mengunjungi stand Warung Basuara, UMKM Kuliner di booth-booth yang telah tersedia dan bertransaksi dengan menggunakan ORIS. Berbagai kuis, souvenir, dan doorprize telah disediakan untuk peserta yang beruntung dan aktif mengikuti kegiatan Kawanua Digifest Basuara.

Kegiatan Basuara Fashion Street (K-Pop/Dance & Fashion Show) yang diselenggarakan pada periode 19 dan 20 Agustus 2022 itu diikuti oleh berbagai komunitas dari Kota Manado dan berbagai kota lainnya di Sulawesi Utara.

Adapun hadiah perlombaan Basuara Fashion Street adalah, Juara satu memperoleh Rp5 juta dan trofi, Juara dua memperoleh Rp3 juta dan trofi Juara tiga memperoleh Rp2 juta dan trofi.

Dalam rangka mewujudkan implementasi Digitalisasi Pembayaran, Bank Indonesia bekerjasama dengan Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) dan instansi terkait, melaksanakan program Pekan ORIS Nasional di seluruh Indonesia tanggal 15-20 Agustus 2022 untuk mencapai 15 juta pengguna baru di tahun 2022, serta merayakan rasa syukur atas kemerdekaan ke 77 Republik Indonesia.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024