Minahasa Tenggara (ANTARA) - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, memastikan masyarakat penerima manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), terus bertambah.
"Jumlah masyarakat yang terdaftar JKN di Kabupaten Minahasa Tenggara terus ada penambahan. Agustus ada kuota 700 jiwa dari pemerintah pusat," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Minahasa Tenggara Nancy Lendombela di Ratahan, Selasa.
Lebih lanjut ia mengungkapkan, saat ini masyarakat Minahasa Tenggara yang masuk dalam Penerima Bantuan Iuran (PBI) JKN mencapai 9.859 jiwa.
"Dari jumlah saat ini kami terus mengupayakan agar bisa mencapai target 15.000 jiwa bisa tercover JKN," ujarnya.
Ia menambahkan, dengan keluarnya Inpres nomor 1 tahun 2022, tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program (JKN) langsung direspon kepala daerah.
Nancy menuturkan, Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap telah menargetkan pada tahun 2023 seluruh warga sudah tercover JKN. 
"Penyempurnaan Data Terpadu untuk Kesejahteraan Sosial atau DTKS saat ini sangat penting, makanya Dinsos membekali para operator desa tentang pemanfaatan Aplikasi Sistem Kesejahteraan Sosial  Next Generation di seluruh desa dan kelurahan," jelasnya.
Ia pun berharap pemerintah desa, dan kelurahan dapat terlibat secara aktif untuk terus memperbaharui data. 
“Untuk itu kami berharap dukungan dari kepala desa dan lurah serta pengawasan dari camat untuk menyukseskan program ini,” tandasnya.***3***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024