Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado melaksanakan tes urine mendadak terhadap personel dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan prajurit pada kesatuan tersebut.

"Tes urine dilaksanakan kepada prajurit Lantamal VIII yang berstatus Tidur Dalam (TD) baik di Mes Lantamal VIII maupun di KRI serta KAL yang berada di Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal VIII," kata Kadispen Lantamal VIII Mayor Laut (KH) Samuel Pontoh, di Manado, Jumat.

Pontoh mengatakan tes urine tersebut dipimpin Asisten Intelijen (Asisten) Danlantamal VIII Letkol Laut (P) Profidol Andri Mantiri dan dilakukan secara mendadak dengan mendatangi langsung mes-mes dan KRI serta KAL  bersama tim kesehatan dari Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal VIII dan Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr. Wahyu Slamet Bitung.

Untuk wilayah Manado, tes urine dilakukan kepada prajurit TD di beberapa tempat diantaranya mes Perwira Pertama, Bintara dan Tamtama serta mes Kowal dan dilakukan tim dari Diskes Lantamal VIII. 
"Sedangkan untuk wilayah Bitung dilakukan kepada prajurit TD baik di KRI maupun KAL dan dilakukan tim dari RSAL dr. Wahyu Slamet Bitung," katanya.

Menurut Pontoh, pada kesempatan itu, Asintel Danlantamal VIII Letkol Laut (P) Profidol Andri Mantiri menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka penegakan disiplin.
Serta sekaligus sebagai salah satu bentuk pencegahan untuk meminimalisir terjadinya penyalahgunaan Narkoba di kalangan prajurit Lantamal VIII.

Sampai dengan berakhirnya kegiatan tersebut, berdasarkan hasil pemeriksaan baik yang dilakukan tim dari Diskes Lantamal VIII maupun tim RSAL dr. Wahyu Slamet, tidak ditemukan sampel urine Prajurit Lantamal VIII yang mengandung Narkoba atau hasil pemeriksaan dinyatakan negatif.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024