Sangihe, Sulut (ANTARA) - Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Rinny Tamuntuan meminta kepada warga masyarakat di daerah itu agar menceritakan sejarah serta budaya daerah kepada setiap tamu yang datang.

"Ceritakan sejarah Kabupaten Kepulauan Sangihe kepada tamu-tamu yang akan berkunjung ke daerah ini supaya mereka juga dapat mengetahui bagaimana sejarah dari Kabupaten Kepulauan Sangihe," kata Rinny  saat membuka seminar buku sejarah Kabupaten Kepulauan Sangihe di ruang serbaguna rumah jabatan Bupati Sangihe, Tahuna, Selasa. 

Dia  memberikan apresiasi kepada para penulis buku 'Tampungang Lawo' yang telah menghasilkan karya dengan sangat baik.

Sejarah kata Rinny, harus diketahui dan diceritakan agar penduduk asli Kabupaten Sangihe tidak melupakan sejarah daerahnya sendiri.

Cara seperti ini sangat penting kata Rinny,  sebab sebagai daerah adat, Kabupaten Sangihe memiliki sejarah, adat serta budaya tersendiri yang menarik untuk diketahui para tamu.

"Kita memiliki kekayaan dan  budaya yang  cukup banyak dan menarik untuk diketahui warga dari luar daerah,” kata Bupati Tamuntuan.

Dia berharap dengan peran serta semua warga masyarakat, Kabupaten Sangihe semakin dikenal oleh warga dari luar daerah, tambah dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024