Manado (ANTARA) - PT Elnusa Petrofin Anak Usaha PT Elnusa Tbk menyerahkan program CSR Armada Transportasi Sampah Desa Sapa Raya (Asiap) guna mengurangi sampah laut di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Hal ini sebagai upaya dalam mengatasi masalah lingkungan khususnya sampah laut," kata Direktur Operasional & Marketing PT Elnusa Petrofin Nur Kholis, di Manado, Jumat (10/6).

Dia mengatakan peluncuran program Asiap ini dilaksanakan di unit operasi Elnusa Petrofin Depot LPG Amurang, Minahasa Selatan, Sulut.

Nur Kholis mengatakan Progam Asiap menjadi salah satu program tanggungjawab sosial dan lingkungan Elnusa Petrofin yang memberikan solusi tepat guna kepada masyarakat dalam mengatasi sampah di laut.

Berbasis partisipasi masyarakat yang dikembangkan perusahaan bagi desa di wilayah Ring 1 unit operasi Depot LPG Amurang.

"Dengan menyediakan sarana dan prasarana pendukung, sehingga dapat mendukung upaya pemerintah dalam upaya mencegah terjadinya pencemaran sampah kembali di lingkungan,” ujar Nur Kholis.

Dalam kegiatan ini, katanya, puncak peluncuran Asiap ditandai dengan penyerahan satu unit motor operasional kapasitas 300 L untuk pengangkutan sampah.

Dilanjutkan dengan pemasangan baju seragam kepada Kelompok Penggerak Sampah Desa Sapa Raya yang telah dibentuk sebelumnya. Dimana seluruh kegiatan ini berdasarkan hasil dari pemetaan sosial yang dilakukan pada tahun 2021.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Minahasa Selatan Dorkas Singkala mengatakan pihaknya bangga dan berterima kasih atas inisiatif ini dan semoga program ini tidak hanya sampai seremonial, namun terus berkelanjutan.

"Harapan kami selaku pemerintah, kontribusi Elnusa Petrofin menjadi tolak ukur kemajuan Minahasa Selatan. Dimana program ini sekaligus berguna untuk meningkatkan kesadaran kita akan perubahan iklim yang membutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak secara konstruktif khususnya dalam pengelolaan sampah," ujar Dorkas Singkala.

Program Asiap ini berdampak terhadap 2.907 orang yang merupakan penduduk di 3 desa ring 1 Depot LPG Amurang, dan diproyeksikan dapat mengurangi sampah laut hingga 7,2 ton per bulan.

Rita JJ Pangkey selaku Hukum Tua Desa Sapa dan berharap semoga program CSR Asiap ini membawa dampak yang signifikan bagi kebersihan lingkungan di wilayah Desa Sapa Raya.

Petrus Ulaan selaku Camat Tenga mengatakan semoga inisiatif mulia dari Elnusa Petrofin dapat menggerakkan dan diikuti pelaku usaha dan industri, khususnya di Kecamatan Tenga, Minahasa Selatan serta turut mendorong perubahan perilaku masyarakat untuk mewujudkan lingkungan yang resik dan bertanggung jawab kepada lingkungan, khususnya Kecamatan Tenga.

Ke depannya, masyarakat yang termasuk dalam Kelompok Penggerak Sampah Desa Sapa Raya akan mendapatkan pelatihan lebih lanjut khususnya pemilahan sampah skala desa dan pembentukan bank sampah.

Sehingga dapat mengurangi perilaku dari masyarakat yang masih melakukan pembuangan sampah menggunakan perahu ke tengah laut.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024