Manado, (ANTARA Sulut) - Aktivitas hari ke dua di tahun 2014 di Manado, Sulawesi Utara masih terasa sepi, kantor-kantor pemerintah umumnya masih tutup, kecuali beberapa instansi vital mulai melaklukan aktivitasnya.

Suasana sepi juga terlihat disejumlah ruas jalan protokol antara lain jalan Sudirman, Sam Stulangi, Martadinata, 17 Agustus, Hasanudin, yang sebelumnya macet dan mengular, hari ini leluasa.

Pantauan ANTARA News, Kamis, beberapa kantor pemerintah di jalan 17 Agustus meski sejak pagi hari sudah menaikan bendera merah putih, namun didalam ruangannya terlihat kosong, bahkan pintu ruangannya dikunci.

"Ini masih suasana tahun baru pak, umumnya teman-teman masih melakukan aktivitas ibadah di gedung gereja dan melakukan silaturahim dengan sanak saudaranya sehingga kebanyakan mereka pagi sudah datang dan langsung pulang karena mempersiapkan segala sesuatunya", kata Satpam salah satu instansi yang meminta tidak menuliskan nama dan instansi tersebut.

Bukan hanya di instansi pemerintah yang namapaknya masih tutup, beberapa perusahaan juga masih meliburkan karyawannya hingga 6 Januari 2014.

Sementara suasana pusat kota Pasar 45 yang biasanya terjadi kemacetan panjang, nampak lengang, beberapa toko juga masih terlihat tutup, pedagangan asongan yang biasanya mangkal di pusat perbelanjaan shoping centre juga lesu.

"Sejak kemarin pasar sepi, aktivitas jual beli menurun, bahkan tidak ada, umumnya pelanggan sudah mulai memborong dagangan sejak memasuki akhir tahun", kata Rustam, pedagang kaki lima di empar shoping centre.

Menurut dia, diperkirakan pasar kembali bergairah hari Sabtu atau Senin, mengingat aktivitas belajar mengajar sudah mulai dilakukan dan begitu juga pegawai sudah mulai masuk.

sementara di pusat nongkrong Jalan Roda tidak pernah sepi pengunjung, banyak pengunjung mendatangi kompleks tersebut hanya untuk bersilaturrahim tahun baru dan membagi cerita.


Pewarta : Oleh Guntur Bilulu
Editor : Guntur Bilulu
Copyright © ANTARA 2024