Manado (ANTARA) - Wali Kota Bitung Maurits Mantiri mengajak Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) turut membangun Kota Bitung, Sulawesi Utara, bersama-sama dengan jajaran pemerintah kota setempat.

"Kerja sama dengan pemerintah untuk membangun Kota (Bitung) bukan dilihat dari sisi fisik, tapi yang terutama membangun sumber daya manusia," kata Maurits di Bitung, Rabu.

Dia menilai LVRI memiliki perjuangan terhadap Indonesia, dengan mendukung pembangunan berbagai daerah di Tanah Air.

"Kita harus mengenal yang namanya 'Jasmerah' (jangan sekali-kali melupakan sejarah). Itu adalah penyataan Soekarno yang sangat terkenal, yang sering kita gunakan untuk memandu jalan berpikir dan bertindak kita," katanya.

Baca juga: Wali Kota Bitung harap MTQ tingkatkan pemahaman masyarakat pada Al Quran

Dengan keterlibatan LVRI dalam pembangunan Kota Bitung, dia berharap edukasi nilai-nilai Pancasila untuk masyarakat setempat akan semakin kental, sehingga generasi muda tidak pernah melupakan sejarah bangsa.

"Kami, Pemerintah Kota Bitung, tetap akan selalu membuka pintu untuk kerja sama dalam membangun Kota Bitung yang kita cintai. Sekali lagi, terima kasih dari kami, generasi yang baru, kepada pada veteran yang telah berjuang demi kemerdekaan Republik Indonesia. LVRI juga mendukung Pemerintah kota Bitung dalam berbagai hal," katanya.

Sementara itu, Ketua DPD LVRI Provinsi Sulut Kol (Purn) Wim Damopoli berharap semoga DPC LVRI Kota Bitung selalu menjadi tempat silaturahmi bagi para veteran di kota tersebut.

"Kami mengucapkan rasa syukur serta bangga atas pengakuan pengabdian dan pengorbanan para pejuang oleh negara," katanya.

LVRI berupaya untuk menyatu dengan masyarakat dan menjalin hubungan baik dengan jajaran Pemkot Bitung, TNI, dan POLRI.

"Mari kita perkuat solidaritas dan berbuat terbaik agar selalu di hati masyarakat," ujar Wim.
Baca juga: Petugas Posyan Terminal Tangkoko Bitung tingkatkan pengawasan arus balik

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024