Minahasa Utara, (ANTARA Sulut) - Peserta dari Minahasa Utara boyong empat gelar pada festifal Malesung 2013 yang berlangsung di sport mall Kelapa Gading Jakarta yang berlangsung sejak Jumat hingga Minggu (8/9).

Ketua TP-PKK Minahasa Utara, Ny Altje singal Polii SH MSc mewakili Bupati Minut, Sompie Singal menghadiri acara Festival Malesung 2013 di Jakarta sekaligus mendampingi para peserta lomba.

"Kegiatan tersebut saligus acara perayaan Hari Ulang Tahun Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) ke- 40," ujar Altje Singal Polii.

Dalam perlombaan kolintang tersebut, group kolintang "Siamo Sera Tonsea Minut B" memperoleh juara satu untuk kategori profesional yang sekaligus dukukuhkan sebagai juara nasional.

"Festifal tersebut diikuti oleh sejumlah peserta dari berbagai daerah di Indonesia, sehingga patut dibanggakan karena Minut boleh meraih juara nasional pada lomba tersebut," ujar istri Bupati Minut itu.
 
Sementara pada kategori yang sama, group kolintang lainnya dari Minahasa Utara yaitu "Sound Manguni Kalawat Minut" meraih juara dua, serta group "Teresa lembean Minut" meraih peringkat empat.

Sedangkan pada kategori umum, group kolintang Siamo Sera Tonsea Minut A meraih juara 3.

Pada kategori pelajar SD, group kolintang "Maleosan Junior Minut" meraih juara tiga.

Bupati, Sompie Singal bangga kepada para perwakilan peserta dari Minahasa Utara yang ikut dalam festifal Malesung di Jakarta.

"Semoga lewat karyanya dibidang kesenian itu, bahkan pada bidang lainnya Minahasa Utara makin dikenal luas dengan prestasi-prestasi yang ada," katanya bangga.

Bupati Minahasa Utara, Sompie Singal berharap, tradisi daerah yang didalamnya mencakup kesenian dan kebudayaan dapat dikembangkan baik generasi kini sampai pada generasi mendatang.

Pewarta : Melky Rudolf Tumiwa
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024