Sangihe, Sulut (ANTARA) - Sekretaris Daerah(Sekda) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Melanchton Harry Wolff, mengatakan, pariwisata merupakan salah satu sektor yang dapat menggerakkan ekonomi masyarakat daerah kepulauan.

"Karena itu, Pemerintah  Kabupaten Kepulauan Sangihe  sangat serius mengembangkan sektor pariwisata demi meningkatkan ekonomi kerakyatan dan diharapkan akan terjadi geliat ekonomi masyarakat lebih cepat," kata  Melanchton Harry Wolff di Tahuna, Kamis.

"Melalui kegiatan pariwisata akan membuka pasar yang seharusnya dilakukan dan disajikan oleh masyarakat itu sendiri, sehingga manfaat yang diterima adalah lebih banyak kepada masyarakat," kata dia.

Sekda juga mengatakan bahwa destinasi wisata di wilayah Kecamatan Tatoareng, khususnya di pulau 'Para' menawarkan pesona keindahan alamnya.

Namun potensi wisata alam di wilayah tersebut harus didukung dengan kesiapan masyarakat sebab sebagian besar pelaku wisata mengarah ke aktivitas kebudayaan atau kultur yang selama ini mengakar di kehidupan masyarakatnya.

Hal ini kata Sekda, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian besar wisatawan karena mereka akan melihat peradaban kehidupan suatu wilayah tersebut.

Dengan demikian, mereka akan tertarik untuk berlama-lama menikmati keindahan wisata.

"Peluang inilah yang harus terus kita kembangkan. Diharapkan lewat kegiatan kepariwisataan yang ada di Kampung 'Para Lelle', masyarakat bisa mendapatkan nilai tambah yang besar demi mengembangkan ekonomi kreatifnya," kata dia.

Disamping itu, warga masyarakat setempat bisa menyediakan rumah untuk layanan tempat tinggal atau homestay yang dijamin hospitality-nya, sehingga wisatawan itu betul-betul nyaman dan aman dalam melakukan aktivitas wisata.

Dia berharap, semua warga masyarakat di wilayah pulau 'Para' memberikan dukungan penuh sehingga setiap wisatawan merasa nyaman berada di pulau Para, tambah Sekda.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024