Sangihe, Sulut (ANTARA) - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe Franky Nantingkase mengatakan guna menciptakan situasi yang aman dan kondusif maka pemerintah kabupaten bersinergi dengan jajaran TNI dan Polri.

"Pemerintah Kabupaten Sangihe senantiasa bersinergi dengan aparat TNI dan Polri demi terciptanya situasi yang kondusif di Kabupaten Sangihe," kata Franky Nantingkase di Tahuna, Selasa.

Secara umum, kata dia, situasi yang aman dan kondusif terus dirasakan oleh semua lapisan masyarakat sampai dengan saat ini.

Hal ini terjadi karena rasa persaudaraan di semua kalangan masyarakat terus dibina dan diwujudkan dalam kehidupan setiap hari.

Baca juga: 62 SMP di Kabupaten Sangihe laksanakan kegiatan ujian sekolah

"Masyarakat Kabupaten Sangihe sangat menjunjung toleransi antar umat beragama sehingga rasa kekeluargaan senantiasa melekat dalam kehidupan warga setiap hari," kata dia.

Perayaan hari keagamaan sampai saat ini kata dia terus berjalan dengan aman dan hikmat, baik ibadah puasa bagi umat Islam dan perayaan Jumat Agung serta Paskah bagi umat Kristen.

"Hubungan kekeluargaan seperti ini menjadi modal bagi warga merayakan hari raya dengan penuh ketenangan dan damai di Kabupaten Sangihe," kata dia.

Namun demikian kata dia, pemerintah daerah dan aparat keamanan tetap mengajak semua warga masyarakat agar terus membina dan memelihara kerukunan yang sudah berjalan baik sampai sekarang.

"Pemkab dan TNI serta Polri termasuk tokoh agama dan tokoh masyarakat tetap bersinergi guna tetap terciptanya situasi yang kondusif serta aman di Kabupaten Sangihe ini," kata dia.

Baca juga: Bupati Sangihe mengajak warga tingkatkan toleransi

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024