Manado (ANTARA) - Berkenalan dan mengeratkan hubungan, Konjen Filipina untuk Manado, Angelica Escalona, mengunjungi Wali Kota Manado, Andrei Angouw, di ruang kerja kantor wali kota. 

Dalam pertemuan tersebut, Konjen yang didampingi Konsul muda, Manuel C. Ayap, penerjemah, Raymondo O.M. Wagiu, serta seorang petugas protokoler, dan Carlo A. Aquino, mengapresiasi upaya pemerintah Manado, dalam mengeratkan kerja sama dengan Filipina. 

"Konsul berkunjung sambil berkenalan, dan menyampaikan sejumlah hal yang berkaitan dengan hubungan antara FIlipina dan Indonesia, yang sangat baik selama ini," kata Wali Kota Manado, Andrei Angouw, di Manado.  Terima kunjungan Konjen Filipina (1)
Dia mengatakan, dalam pertemuan itu, Konjen Angelica, menyampaikan apresiasi atas upaya-upaya pemerintah melaksanakan program, yang berdampak poisitif bagi daerah. 

"Termasuk juga bagaimana cara pemerintah memelihara dan menjaga hubungan baik dengan Filipina, bahwa upaya pemerintah menghadapi pandemi COVID-19 sampai saat ini, yang sangat memuaskan," katanya. 

Konsul juga, katanya,  menyampaikan mengenai peluang-peluang kerjasama antara Filipina dan Manado, dia berharap agar dapat memiliki lebih banyak peluang untuk pertukaran ekonomi, pariwisata dan people-to people terutama dalam rangka sister city antara Davao dan Manado. Bertukar cindera mata dalam kunjungan Konjen Filipina (1)
Konsul Angelica, menurutnya, menyampaikan bahwa pada 2024 mendatang, Filipina dan Indonesia akan memperingati 75 tahun terjalinnya hubungan bilateral, dan berharap bisa mengadakan kegiatan di Manado untuk merayakan hal penting ini.

Konjen juga, kata Angouw menyampaikan penghargaan kepada pemerintah Manado, dalam mengatasi permasalahan di Manado, seperti banjir dengan melakukan normalisasi sungai anak sungai, hingga pengelolaan sampah yang sangat baik. 

Wali Kota Angouw, bangga dengan penjelasan serta informasi yang disampaikan Konsul Agelica termasuk keinginan membuat agenda kegiatan di Manado nanti dalam rangka hubungan bilateral Filipina dengan Indonesia.  Terima kunjungan Konjen Filipina (1)
Dia merespon positif dan siap berkomunikasi dan berkoordinasi untuk hal-hal yang baik dalam hubungan kerjasama antara Filipina dengan Indonesia termasuk Filipina dengan Kota Manado.

Dalam kesempatan baik itu, Konjen juga  menjelaskan tentang riwayat tugasnya, yang sudah 25 tahun berkecimpung dalam jabatan karir Luar Negeri, termasuk pernah bertugas di Kedutaan Besar Filipina di Jakarta, di Tokyo, Konsulat Jenderal di Honolulu dan kini sebagai Konsulat Jenderal Filipina di Manado. **


 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024