Manado (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Utara Haris Sukamto melakukan kunjungan silaturahim kepada Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno dan kepala Bakamla Zona Maritim Tengah Hanarko Djody, dalam meningkatkan sinergi dengan kedua instansi tersebut, di Manado, Senin.
Saat melakukan kunjungan ke Kapolda Mulyatno, Kakanwil Kemenkumham Haris Sukamto menyampaikan permohonan bantuan serta dukungan dari jajaran Polda Sulut dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Kanwil Kemenkumham di daerah itu.
Diantaranya, di bidang pemasyarakatan khususnya dalam bidang penanggulangan peredaran narkoba, untuk bidang keimigrasian terkait Warga Negara Asing, di bidang pelayanan hukum dan HAM terkait Yankomas dan penyelenggara Desa Sadar Hukum serta di bidang SDM Kanwil Kemenkumham Sulut siap jalin kerja sama untuk menyelenggarakan pendidikan kesamaptaan.
“Kami mohon dukungan dari jajaran Polda Sulut dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi Kanwil Kemenkumham di Sulut,"kata Sukamto yang baru bertugas sebagai Kakanwil kemenkumham Sulut.
Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno menyambut baik kunjungan Kakanwil Kemenkumham Sulut tersebut.
“Kami siap membantu sesuai tupoksi kami, kita sama-sama bekerja sama, sama-sama mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara,” kata Kapolda.
Sementara itu saat melakukan kunjungan ke Kepala Bakamla Zona Maritim Tengah Hanarko Djody, Kakanwil Haris Sukamto  menyampaikan permintaan data juga dukungan dalam menjaga kedaulatan NKRI.
 “Nanti pada saatnya kami akan membuat permintaan data, juga dukungan dalam menjaga kedaulatan negara. Kami dari imigrasi  sementara Bakamla dari sisi keamanan lautnya,"katanya.
Ia menambahkan tentu hubungan ini harus kita sama-sama tingkatkan agar dapat menjalankan tugas dan fungsi dengan baik.
Kepala Kantor Bakamla Zona Maritim Tengah Hanarko Djody menyampaikan siap mendukung kinerja Kanwil Kemenkumham Sulut. “Tak usah ragu,  kami siap mendukung kinerja Kemenkumham Sulut, namun kami juga harapkan pertukaran informasi antar instansi,"katanya.
Pada kunjungan itu Kakanwil Kemenkumham Sulut Haris Sukamto didampingi  antara lain Kepala Divisi Administrasi, Jonny Pesta Simamora dan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kusnali

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024