Manado, (ANTARA Sulut)  - Ketua DPC PDIP Manado Richard Sualang menjamin bakal caleg dari partainya bersih dari penggunaan narkotika, psikotropika, dan zat-zat adiktif lain.

"Pemeriksaan terakhir dilakukan Selasa ini, bacaleg Manado telah selesai mengikuti pemeriksaan tersebut," kata Richard di Manado, Selasa.

Ia mengatakan, berdasarkan pengamatan serta hasil pemeriksaan, belum ada bacaleg dari PDIP Manado yang positif menggunakannya, apalagi selama ini tidak ada kader PDIP yang suka memakai napza.

"Sebenarnya bukan hanya pada saat ini, tetapi bersih narkoba tersebut adalah salah satu syarat dari kami sejak lama karena bersih Napza juga salah satu tanda baiknya mental seseorang," kata Richard.

Apalagi menurutnya, hal tersebut sudah dijadikan sebagai syarat mutlak oleh KPU, tentu saja hal tersebut akan semakin dipertegas dalam penjaringan sampai pendaftaran DCS di PDIP nanti.

Ketua KPU Manado Conny Pallar, mengatakan bersih diri dari Napza adalah syarat yang wajib dipenuhi oleh seluruh Caleg yang mau mendaftar di KPU, yang dibuktikan dengan surat keterangan dari rumah sakit.

"Rumah sakit yang kami jadikan sebagai rujukan untuk pemeriksaan urine adalah RSUD Ratumbuysang Manado, dan RSU Kandou," kata Pallar.

Ia mengakui memang pemeriksaan ini wajib dilakukan, karena merupakan menujukan kebaikan moral seorang Caleg, jika ke depan terpilih untuk menyampaikan aspirasi warga harus benar-benar bersih dan sehat fisik dan moral.

Pallar mengatakan, jika ada caleg yang tidak menyertakan kelengkapan tersebut terancam gugur dalam verifikasi oleh KPU dan dianggap layak menjadi Caleg.

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024