Manado, (ANTARA Sulut) - Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berhasil menggondol juara pertama pengelolaan sampah berbasis prakarsa komunitas lokal di Pulau Bunaken dengan menyisihkan 611 peserta dan menggondol. Indonesia Milllenium Awards (IMA) 2012 di Bali.

Penilaian dilakukan tim  kantor utusan khusus Presiden RI untuk Milllenium Development Goals (MDGs) di Pulau Bunaken, melalui The Green Foundation, salah satu LSM yang peduli pelestarian lingkungan hidup beberapa waktu lalu, kata Assisten Pemerintahan dan Kesra, Mecky M. Onibala, Kamis di Manado.

"Penyerahan awards  tersebut diberikan langsung Menteri Negara Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya kepada Gubernur S.H.Sarundajang di Bali", jelas Mecky Onibala.

Sulut berhasil menyisihkan 44 semifinal (nominasi) penerima awards dari 611 peserta yang dinilai oleh kantor utusan khusus Presiden RI, untuk mendapatkan Indonesia MDG Awards (IMA) 2012.

Tim penilai menurut Onibala, memilih tiga besar yaitu LSM Mulyoagung Bersatu dengan program pengelolaan sampah mandiri berbasis masyarakat, LSM The Green Foundation lewat program pengelolaan sampah berbasis prakarsa komunitas lokal di pulau Bunaken, serta program air untuk kehidupan (AUK) dari LSM dompet duafa.

Dari ketiga nominator tesebut panitia berhasil memilih  dua peserta yang keluar sebagai juara, yaitu The Green Foundation berhasil sebagai juara 1 sedangkan juara 2 Mulyoagung bersatu.
(guntur/@antarasulutcom)


Pewarta : Oleh: Guntur Bilulu
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024