Manado (ANTARA) - PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Tolitoli.  Banjir dan tanah longsor terjadi di Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah akibat hujan dengan intensitas yang tinggi mengakibatkan debit air meningkat di sungai dan struktur tanah yang labil pada  Selasa (22/3) malam hingga Rabu (23/3). 

Sejumlah daerah tersebut yakni Desa Lingadan, Desa Galumpang di Kecamatan Dakopemean; Tende, Sabang, dan Aung di Kecamatan Galang; Kelurahan Tuweley dan Kelurahan Baru di Kecamatan Baolan. 

Peristiwa ini menyebabkan 3 jembatan utama di jalan trans putus, dua berada di Kecamatan Galang yaitu di Desa Aung dan Desa Bajungan dan Sementara satu jembatan putus di Kecamatan Dakopamean yaitu di Desa Galumpang. Dari putusnya jembatan tersebut membuat akses jalan lumpuh total. Tercatat 945 keluarga terdampak banjir. Saat ini warga yang terdampak sangat membutuhkan bantuan selimut dan sembako.

Dalam rangka perwujudan Corporate Community Responsibility dan kepedulian terhadap lingkungan serta masyarakat sekitar, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI turut tergerak meringankan beban korban banjir dan tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Tolitoli melalui “Program BNI Berbagi – Bersama Membangun Negeri”. 

Bantuan diserahkan langsung oleh Pemimpin Cabang BNI Tolitoli Ribka Sompotan Pemimpin didampingi Wakil Pemimpin Rommy Wahido kepada Pemerintah Kabupaten Tolitoli yang di wakili oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bapak Nur Alam dan kepada masyarakat terdampak banjir dan tanah longsor di 2 (tiga) titik lokasi Desa Lingadan dan Desa Galumpang Kecamatan Dakopamean Tolitoli Sulawesi Tengah. 

Bantuan kemanusiaan berupa 200 paket pangan. Distribusi bantuan dilakukan melalui jalur laut menggunakan beberapa kapal nelayan dan kemudian akan dilanjutkan menggunakan kendaraan motor.

Pemimpin Cabang BNI Tolitoli menuturkan bahwa Bantuan Kemanusiaan yang diberikan melalui Program BNI Berbagi – Bersama Membangun Negeri merupakan wujud bentuk kepedulian bersama dan sebagai tanggung jawab sosial dan lingkungan yang bertujuan untuk membantu mengurangi dampak sosial, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tolitoli Bapak Nur Alam menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada BNI atas kepedulian kemanusiaan ditengah tanggap darurat situasi bencana banjir dan tanah longsor melalui kegiatan BNI Berbagai bagi masyarakat yang terdampak.

“Atas nama masyarakat yang terkena dampak bencana banjir dan tanah longsor, kami memberikan apresiasi dan penghargaan dan ucapan banyak terima kasih atas partisipasi dan kepedulian dari BNI Cabang Tolitoli, menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk masyarakat terdampak“, Ungkap Bapak Samsul  salah satu perwakilan masyarakat.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024