Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung mengimbau nelayan agar mengutamakan keselamatan saat melaut mengingat kondisi cuaca ekstrem akhir-akhir ini di perairan Sulawesi Utara (Sulut).

"Saya meminta masyarakat di pesisir terlebih khusus nelayan agar tetap berhati-hati saat melaut, apalagi kondisi cuaca yang tidak menentu saat ini," kata Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar di Bitung, Jumat.

Dia mengatakan pentingnya nelayan tetap mengutamakan keselamatan.

Kalau cuaca dirasa membahayakan, katanya, para nelayan harus menunda terlebih dahulu melaut demi keselamatan.

"Jangan paksakan untuk melaut jika cuaca buruk," kata Hengky.

Pihaknya bangga mengetahui sudah ada nelayan di Kelurahan Batuputih, Kecamatan Ranowulu memasarkan hasil tangkapan lewat daring.

Hal itu diketahui Wakil Wali Kota Hengky Honandar saat berkunjung ke Kelurahan Batuputih Atas dan berbincang dengan sejumlah warga.

Berdasarkan pertemuan tersebut, diperoleh informasi bahwa ada kelompok nelayan yang khusus melayani pesanan ikan via daring dengan jenis ikan tertentu yang ditangkap dengan cara "hand line".

Kelompok nelayan ini beranggotakan perempuan yang masih aktif melaut memenuhi permintaan sejumlah usaha rumah makan di Kota Bitung.

"Hal ini sangat membanggakan, nelayan sudah tahu memanfaatkan teknologi yang cakupan tidak hanya di Kota Bitung,” kata Hengky.

Ia juga mengaku kendati pemasaran baru sebatas media sosial, upaya kelompok nelayan itu patut diapresiasi dan dicontoh dalam memanfaatkan teknologi.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024