Manado (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara menjamin stok minyak goreng mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Kami telah melakukan pemantauan di semua distributor dan pabrik minyak goreng di Kota Bitung, stok yang ada, cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Sulut," kata Kadisperindag Sulut Edwin Kindangen di Manado, Sulut, Kamis.

Dia mengatakan selain itu, pihaknya juga terus melakukan pengawasan dan pemantauan di semua ritel dan pasar tradisional stok minyak goreng cukup banyak.

"Saya harap masyarakat bisa membeli kebutuhan pokok yang satu ini di pasar tradisional dan swalayan yang ada di Kota Manado," katanya.

Ia menjelaskan apalagi saat ini pemerintah juga melakukan operasi pasar di sejumlah pasar tradisional dan di beberapa titik padat penduduk.

"Kami harap masyarakat bisa memanfaatkan OP ini untuk dapatkan minyak goreng dengan harga Rp13.500 per liter," katanya.

Memang harus diakui di sejumlah ritel modern terkadang kosong karena pasokan stok dari pusat, sehingga harus menunggu beberapa waktu lamanya.

Ia mengatakan di sebagian daerah seperti Kabupaten Bolaang Mongondow stok menipis, sehingga pihaknya akan melakukan langkah antisipasi sehingga masyarakat bisa mendapat minyak goeng secara normal.

"Kami sangat sulit mendapatkan minyak goreng, kalau ke Kota Manado akan menempuh perjalanan selama 1,5 jam dengan biaya cukup mahal," kata Meike, ibu rumah tangga asal Langowan, Minahasa.

Pihaknya berharap pemerintah bisa mengambil langkah antisipasi sehingga minyak goreng dengan harga wajar bisa hingga pelosok.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024