Manado (ANTARA) - Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Manado Ivanry Matu berharap pelaku usaha kecil mikro (UKM)  mampu menampilkan komoditas berkualitas saat Women20 (W20) di Likupang, Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara 14-16 Februari 2022.

"Kegiatan W20 menjadi kesempatan bagi UKM Sulut menampilkan kualitas dan profesionalitas," kata Ivanry Matu, di Manado, Minggu.

Ivanry mengatakan W20 merupakan bagian kegiatan G20 Presidensi  Indonesia berlangsung di  Bali dengan tiga hal menjadi bahasan penting yaitu pertama, kesehatan dikarenakan kita masih bergumul dengan pandemi.

Kedua, katanya, transformasi digital dalam rangka akselerasi teknologi di semua bidang dan ketiga, energia dengan fokus pada renewable energy.

"Tetapi juga ada dua hal yang tidak kalah penting yaitu pemberdayaan perempuan dan entreprenurship (UKM)," kata Ivanry yang juga sebagai Wakil Ketua Kadin Sulut.

Karena itu, katanya, G20 ini menjadi kesempatan emas bagi Indonesia sebagai tuan/nyonya rumah yang pelaksanaannya ada di 19 kota selain Bali dan di Sulut salah satunya yakni kegiatan W20 Likupang.

"Kita bersyukur karena Manado menjadi salah satu titik pelaksanaan pertemuan, yang ini akan sangat berdampak baik terutama bagi sektor UKM di Sulut," katanya.

Tetapi, katanya, menjadi hal penting bahwa peluang ini harus dimanfaatkan secara serius dan jangan asal-asal.

"Para UKM harus menunjukkan kualitas dan profesionalitas produk dan pelayanan pada ribuan delegasi yang akan hadir, karena sudah pasti mereka akan berbelanja," jelasnya.

Namun, katanya, hal yang lebih penting adalah dampak secara global karena G20 diharapkan akan melahirkan kebijakan-kebijakan yang lebih pro terhadap pengembangan UKM untuk masuk pasar ekspor, contoh seperti kebijakan ekspor-impor bagi UKM.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024