Manado (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah 11 Manado (Suluttenggomalut) melalui BNI Kantor Cabang Manado bersama Perusahaan Daerah Umum Pasar Manado (PD Pasar) Kota Manado bertempat di Kantor Walikota Manado mendukung gerakan nasional non tunai (GNNT) melalui Sistem Ecosmart.

"Kami telah melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pemanfaatan Fasilitas Jasa Layanan Perbankan dalam Pengelolaan Pasar Melalui Sistem Ecosmart," kata Pemimpin BNI Wilayah 11 Manado (Suluttenggomalut) Irwan Eka Putra yang didampingi Pemimpin BNI KCU Manado Bob Hotma Samosir dan Pemimpin Kelompok Solusi Bisnis Digital Demsy Sidangoli, di Manado, Senin.

Dia mengatakan Bank BNI terus mendorong gerakan penggunaan alat pembayaran Non Tunai yang dicanangkan oleh Bank Indonesia.

"Gerakan yang bertujuan menumbuhkan kesadaran sekaligus meningkatkan penggunaan Non Tunai di kalangan Masyarakat, pelaku bisnis dan
Lembaga-lembaga pemerintah, sehingga terbentuk komunitas atau masyarakat yang menggunakan instrumen Non Tunai (Less Cash Society/LCS) khususnya dalam melakukan transaksi kegiatan ekonominya," katanya.

Terdapat beberapa kerja sama pengembangan ekosistem pembayaran digital yang sudah dilakukan pihak BNI Wilayah 11 Manado, diantaranya bekerjasama dengan Kantor Bank Indonesia Sulut di beberapa komunitas bisnis dan Pasar di area Propinsi Sulut.

Melalui EcoSmart BNI Manado siap mengaktifkan layanan ke komunitas yang ada di PD Pasar Manado, salah satu diantaranya penggunaan Tapcash untuk tenant-tenant yang ada di lingkup PD Pasar Manado dalam rangka pembayaran Iuran.

Pelaporan akan langsung tersentralisasi ke manajemen PD Pasar Manado sehingga mengurangi waktu perekapan serta memudahkan pelaporan.

“Peluncuran Cashless Pengelolaan Pasar melalui BNI EcoSmart di Pasar Kelolaan PD Pasar Manado ini merupakan bentuk nyata dukungan Bank BNI terhadap program pemerintah yaitu Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) menggunakan instrumen Non Tunai (Less Cash Society/LCS),“ Ujar Irwan Eka Putra.

Walikota Manado Bapak Andrei Angouw, melalui Asisten Il Philips Sondakh memgatakan apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada Bank Indonesia, BNI
Wilayah 11 Manado dan PD Pasar Manado yang telah mendukung program pemerintah pusat untuk meningkatkan Pembayaran Non Tunai melalui BNI Ecosmart.

Dia mengatakan imbas yang diharapkan melalui program ini, yaitu untuk memajukan dan meningkatkan perekonomian di Manado.

"Semangat membangun ini harus dijaga terus, karena itu Pemerintah Kota Manado akan mendukung penuh bersama semua stakeholder yang ada," katanya.

 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024