Manado, (Antarasulut) - Sabtu  14 Juli 2012 merupakan puncak peringatan Hari Ulang ke 389 Kota Manado, yang dilaksanakan dengan meriah oleh seluruh warga kota. 
     
    Wali Kota Manado Dr Vicky Lumentut, memimpin upacara di lapangan Sparta Tikala, yang dihadiri seluruh jajaran pemerintah dan pegawai di lingkungan Pemkot Manado. 
    
      Walikota dalam sambutannya mengatakan masyaralat Manado harus berbangga karena berhasil menorehkan sejumlah catatan prestasi yang telah mewarnai dinamika pembangunan kota Manado. 
     
     "Diantaranya adalah penghargaan kota Sehat, Swasti Saba Wiwerda, Adipura yang pertama kali untuk kategori kota besar, Pakarti 3 untuk Lingkungan Bersih Sehat (LBS) yang diraih oleh Kelurahan Karombasan Selatan (Karsel), Juara 1 lomba Desa/Kelurahan tingkat Provinsi yang diraih oleh Kelurahan Kleak," Kata Lumentut. 
     
     Ia mengatakan kepercayaan serta keberhasilan kota Manado menjadi tuan rumah penyelenggaraan  berbagai acara berskala nasional maupun internasional, antara lain Asean Tourism Forum (ATF), Pacific Partnership, Pekan Informasi Nasional (PIN), dan Munas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-IV, merupakan tanda semakin dikenalnya Manado di mata dunia. 
     
     Lumentut juga mengatakan masih banyak hal yang harus dibenahi bersama, di antaranya kinerja aparat pemerintah Manado perlu terus ditingkatkan lagi sehingga bisa menghadirkan perubahan dan pembaharuan di kota Manado.
   
   â€œIni adalah tantangan bagi kita, bagaimana memetik pelajaran dari pengalaman masa lalu kita dan membenahi segala kekurangan demi peningkatan kinerja di masa depan," kata Lumentut. 

      Ia mengatakan ini adalah momen yang tepat bagi Manado untuk melakukan introspeksi dan evaluasi terhadap kinerja agar ke depan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan lebih optimal. 

     "Pada hari HUT ini, mari kita mantapkan komitmen pengabdian kita, harus terus dibenahi dan ditingkatkan yang diawali dengan pembangunan kedisiplinan untuk melahirkan pola pikir dan pola kerja yang lebih cerdas, kreatif, inovatif dan produktif," katanya. 

     Lumentut berharap melalui peningkatan kualitas kerja, kota ini akan semakin mantap dan SIAAP MAJU untuk menghadirkan Manado yang lebih baik.

    Setelah Upacara dilanjutkan dengan Sidang Paripurna Istimewa yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Manado, Drs. Denny Sondakh dan dihadiri oleh Menteri Perhubungan RI, Ernest Evert Mangindaan bersama Nyonya Adelina Mangindaan-Tumbuan, Assisten Pemprov Sulut, Drs. Mecky Onibala yang mewakili Gubernur Sulut, Muspida Provinsi Sulut, Forpimda Kota Manado, Konjen Filipina Jose Burgos, Walikota Bitung Hanny Sondakh, Wakil Bupati Mitra, Sekda Minut, Ketua DPRD Bolmut Karel Bangko.

     Perhelatan HUT Manado telah dibuka sebulan sebelum hari puncak dengan kegiatan donor darah yang dipimpin oleh ketua PMI Manado, Paula Lumentut-Runtuwene dan berbagai lomba kesenian dan olahraga, diantaranya lomba dayung tradisional, menyanyi antara SKPD, peraturan baris berbaris dan olahraga seperti futsal dan bridge.  


Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024