Sitaro (ANTARA) - Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro)  Jhon Heit Palandung terus mengimbau dan mengajak  masyarakat di 93 kampung dan kelurahan di kabupaten tersebut untuk tidak lengah dan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes). 

Palandung menjelaskan hal ini sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 di daerah yang memiliki sebutan Negeri 47 Pulau ini. “Tetaplah mengikuti protokol pencegahan COVID-19,”jelasnya. 

Ia pun menerangkan  langkah tepat mencegah virus yang mematikan tersebut yakni dengan cara memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. 

“Tetaplah jaga imun tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat. Karena ini merupakan hal penting yang harus kita terapkan bagi diri kita sendiri,” tutur suami Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kepulauan Sitaro Diane Palandung Kamu.

 Pihaknya mengungkapkan, terkait dengan penerapan protokol kesehatan seharusnya ini sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat di Bumi Mandolokang Kolo-kolo dalam kondisi new normal ini. 

Dijelaskan mantan Asisten I Provinsi Sulawesi Utara ini bahwa, penerapan protokol kesehatan bukan hal yang baru lagi bagi masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Dia pun berharap, agar masyarakat secara disiplin melaksanakan hal protokol kesehatan, karena ini bukan hanya untuk pribadi atau diri sendiri tapi bagi keluarga dan masyarakat umum. Saat ini pemerintah telah memberikan kelonggaran, untuk itu mari semuanya tetap bersama-sama secara disiplin menerapkan protokol kesehatan. “Jangan lengah karena virus corona masih ada. Selalu ingat 5M,” ucap Palandung. 

Katanya bahwa, masyarakat perlu memutus rantai penyebaran dengan beberapa hal sederhana, dimulai dari diri sendiri. Seperti dengan menghindari kerumunan. Karena di sana sangat memungkinkan terjadinya penularan apabila ada salah satu orang yang terinfeksi virus corona. Sehingga untuk itulah maka pemerintah melalui tim Satgas Penanganan Covid-19 terus melakukan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat.

”Kita jangan lengah, laksanakan anjuran pemerintah dengan displin protokol kesehatan,” tegas Palandung 

Pewarta : Miranti Sahambangung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024