Manado, (Antara Sulut) - Dell dan Intel, dua perusahaan berbasis di Amerika Serikat yang memproduksi dan memasarkan personal computer (PC), notebook, mobility dan prosesor, akan melakukan "training selling skills" di Manado, Jumat (20/1).

Menurut Dewan Pembina Komunitas Sales Indonesia (Komisi), Soegiharto Santoso, 
"dealer gathering" ini selain diisi dengan pelatihan dan update informasi, juga dirangkai dengan launching produk-produk terbaru dari Dell dan Intel. 

"Yang paling menarik, dalam acara ini juga diadakan sesi 'training selling skills' dengan topik 'Close More with Sales Script' untuk sales dan owner," kata distributor Dell, PT Andalan, tersebut.

Training ini dibawakan oleh Dedy Budiman, seorang Champion Sales Trainer dan penulis dua buku laris "Setiap Orang Sales Harus Punya Sales Script ini!” dan "Tip Sales (Tulisan Inspirasi Pagi untuk Sales)".

Di sepanjang September 2011 Dell dan Intel telah mengadakan "dealer gathering" di beberapa kota Indonesia, yakni Medan (12/9), Semarang (15/9), Makassar (19/9) dan  Jakarta (30/9).

Kemudian gathering serupa di lima kota lainnya, yakni Solo (4/10), Surabaya (6/10), Pekanbaru (17/10), Bandung (24/10) dan Jambi (31/10).

Serta dilanjutkan di delapan kota lainnya yakni Yogyakarta (25/11), Pontianak (1/12), Palembang (16/12), Kendari (16/1), Palu (18/1) dan Manado (20/1).

Soegiharto mengatakan dalam pemasaran distribusi adalah hal yang sangat vital. 

"Perusahaan sering kali harus membangun banyak cabang atau merangkul pihak ketiga untuk membangun jaringan distribusi di berbagai lokasi berbeda," katanya.

Dia mengatakan jarak sering kali menjadi hambatan komunikasi, kendati teknologi komunikasi telah tumbuh sedemikan rupa saat ini, telepon atau email masih dirasa kurang untuk menyatukan persamaan visi antar cabang dalam satu perusahaan.

"Manusia membutuhkan kegiatan tatap muka untuk menguatkan komitmen kerjasamanya. Itulah sebabnya, banyak perusahaan yang secara rutin dan berkala mengadakan dealer gathering atau pertemuan antar dealer yang menjadi mata rantai dalam jaringan distribusi," katanya.

Business Development Director Dell Indonesia, Iwan Setiawan mengatakan, dalam setahun terakhir Dell memfokuskan diri bermain di produk kelas menengah hingga premium. Untuk memenangkan pasar, Dell Indonesia pun melakukan terobosan spektakuler melalui program dealer dan sales gathering.

"Melalui gathering ini, Dell  ingin menularkan trik-trik baru bagaimana menambah penjualan dan membagi strategi perihal teknik penjualan tanpa harus melalui perang harga," ujar Iwan.

Dell sendiri merupakan brand yang telah digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar  dengan pelayanan purnajual dan service yang sangat cepat melalui call center di nomer telepon 500-858. 

Selain itu, Dell juga memiliki dukungan purnajual dan service di tempat pelanggan untuk tipe tertentu. Artinya teknisi Dell akan datang ke tempat customer untuk melayani setiap kerusakan dan keluhan pelanggan. Layanan ini sendiri sudah tersedia 222 kota di Indonesia.

Pewarta : Agus Setiawan
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024