Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado menggelar bakti sosial khitanan gratis di Kampung Bahari Nusantara (KBN) Desa Talise, Kepulauan Talise, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya di Manado, Minggu, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan TNI AL.



"Selain khitanan, beberapa hari sebelumnya juga melaksanakan serbuan vaksinasi COVID-19 di Desa Tanah Putih, Likupang Barat, Minahasa Utara," katanya.

Ia menambahkan untuk khitanan massal dengan target 100 anak di seluruh jajaran Lantamal VIII. Dipilihnya Desa Talise sebagai lokasi khitanan, karena di desa ini terdapat KBN TNI Angkatan Laut binaan Lantamal VIII dan di sekitarnya terdapat desa yang sebagian masyarakatnya Muslim.

"Selain itu, letaknya jauh dari kota, sehingga bila akan melaksanakan khitanan harus menempuh perjalanan yang cukup jauh,"katanya.

Terkait dengan situasi pandemi yang belum usai, Danlantamal VIII mengimbau kepada masyarakat Kepulauan Talise untuk ikut melaksanakan vaksinasi dosis kedua, karena dosis pertama di tempat ini diikuti sekitar 600 warga.

"Untuk itu diharapkan pada pelaksanaan dosis kedua semuanya hadir agar tercapai kekebalan kelompok di desa ini," kata Danlantamal.
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024