Manado, (Antara News) – Sebanyak 102 Calon Haji (Calhaj) binaan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Raudlatul Jannah, dilepas dengan doa dan zikir bersama di Masjid Al Abrar Asrama Detasemen Polisi Militer (Aspom) Pakowa Manado, Sabtu.

Suasana haru saat Ustadz  H. Ramli Abbas  melantunkan lafal Zikir disertai Doa-doa yang memohon keampunan dosa dari Allah SWT membuat para calhaj meneteskan air mata kesedihan.

“Panggilan Ibadah haji yang datangnya setahun sekali  bukanlah sekedar perjalanan biasa, melainkan bernilai ibadah, dimana setiap langkah kaki akan mendapatkan pahala dari Allah SWT, makanya kerinduan umat Islam menunaikan Ibadah haji sangatlah tinggi yakni untuk menghapus sem7ua dosa dan kesalahan kepada Allah SWT”, kata Ramli Abbas.

Menurut mantan anggota legislatif Manado dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, banyak orang yang punya keinginan untuk melaksanakan haji, tetapi hanya segelintir saja yang dipilihy oleh Allah untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Manado, H. Ulyas Taha mengharapkan para jamaah haji pada umumnya untuk tetap menjaga kesehatan dan istiqomah dalam melaksanakan ibadah rutin, seperti sholat fardhu, sholat sunnah dan dan ibadah-ibadah lainnya untuk menyempurnakan keislaman kita.

“Jangan ada diantara kita yang suka melakukan perbuatan keji dan munkar, sebab ibadah haji dilarang melakukan perbuatan-perbuatan tersebut, baik sebelum berangkat maupun sesudah melaksanakan rukun haji dan tiba kembali di Manado, sehingga kita akan mendapatkan predikat “Haji Mabrur” (Haji yang diterima segala amal ibadahnya oleh Allah SWT).

Sementara itu, Ketua KBIH Raudlatul Jannah manado,  Drs. H. Sance Husain mengatakan, setiap tahun KBIH memberangkatkan jamaah haji dengan sukses dan musim haji tahun ini sebanyak 102 orang yang melaksanakan haji, sedangkan 70 an orang lainnya masuk daftar tunggu.

“Jamaah yang diberangkatkan terdiri dari Kota Manado 76 orang dan Kabupaten Minahasa Utara (Minut) 26 orang yang kesemuanya menyatakan kesiapannya melaksanakan ibadah haji” kata Sance sambil mengatakan 70 an orang lainnya yang masuk daftar tunggu Insya Allah akan diberangkatkan pada tahun depan.
KBIH Rauldatul Jannah Manado yang berdiri tahun 2006 itu,  rata-rata setiap tahun memberangkatkan ratusan calhaj dan merupakan KBIH terbanyak di Sulut, dimana kepercayaan masyarakat terhadap KBIH tersebut sangat tinggi.

“Setiap tahun kami melakukan evaluasi dan terus membenahi kekurangan-kekurangan sehingga kami mendapat kepercayaan penuh dari umat Islam dan Kementerian Agama Sulut dan Kementerian Agama Manado dalam hal pembimbingan ibadh haji”, ucap Husain.

Caption :
Dua orang calhaj membungkukan diri untuk berpamitan dengan para jamaah pengantar. (Foto Guntur)

Pewarta : GUNTUR BILULUD
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024