Bitung, (Antara News) - Ajang pameran pembangunan yang dilaksanakan oleh panitia penyelenggara Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, seakan memberikan sebuah gengsi tersendiri bagi sejumlah Kabupaten/Kota yang ada di daerah ini.

Tak terkecuali Kota Bitung, berbagai persiapan bahkan dilakukan agar supaya mendapatkan citra terbaik dalam pameran pembangunan yang diselenggarakan di Kaiwatu, Mapanget, Manado, sejak Sabtu (24/9) hingga Sabtu (1/10).

Pemerintah Kota Bitung melakukan persiapan mulai dari rapat sampai keikutsertaannya Pemerintah dan masyarakat serta pelaku usaha di pameran pembangunan.

Menurut Koordinator Kontingen, Fabian Kaloh kala itu, rapat yang di gelar kali ini meliputi berbagai persiapan untuk suksesnya acara tersebut.

"Kami akan tampil maksimal dan terbaik," ujarnya dengan nada optimis.

Rapat itupun menghasilkan pembagian tugas kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), serta perusahaan yang akan mengikuti pameran.

"Hal ini untuk terciptanya koordinasi dengan mempersiapkan bahan-bahan pameran khas kota Bitung, yang didalamnya produk-produk industri perikanan, kerajinan tangan, hasil usaha UKM, perikanan, pertanian serta fasilitas publik seperti pelabuhan samudera, peti kemas dan industri pengelolaan ikan kaleng dan minyak kelapa," ujar Kaloh.

Selain itu pula kata Kaloh, sektor pariwisata juga akan menjadi salah satu bagian yang akan ditampilkan dan hewan khas kota Bitung Tarsius spektrum dalam bentuk visual.

Pada pameran pembangunan itu semua potensi yang ada di Kota Bitung ditampilkan.

Tak pelak setiap harinya stand Kota Bitung silih berganti menugaskan semua unit SKPD untuk menjadi pelaku korodinator saat itu.

Berbagai kegiatan dan hiburan baik dari kalangan pendidikan, Dharma Wanita, TP PKK dan lainnya, disuguhkan dalam pameran, sehingga memberikan daya tarik tersendiri oleh para pengunjung, benar saja stand ini tidak pernah kesepian.

Hasilnya, atas berbagai pertimbangan dan penilaian, Kota Bitung sabet sejumlah gelar di Pameran Pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi, sehingga memberikan prestasi dan kebanggaan untuk daerah dan masyarakat.

Atas gelar itu, Sekretaris Kota Bitung, Edison Humiang di Bitung, Minggu, mengatakan prestasi gemilang, merupakan hasil kerja keras dari pemerintah dalam mensukseskan pameran pembangunan yang diwujudkan oleh panitia penyelenggara provinsi.

Gelar yang diraih Kota Bitung itu diantaranya stand terbaik, juara satu busana kebaya modern, juara favorit busana kebaya modern dan pemegang tropy bergilir busana kebaya modern, oleh TP PKK maupun Dharma Wanita, serta pegawai terbaik.

"Tentunya inilah bukti bagaimana Pemerintah dan masyarakat Kota Bitung telah melakukan kinerja dengan baik, yang didalamnya melibatkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), atas dasar kepemimpinan, wali kota dan wakil wali kota Bitung," ujar Humiang.

Humiang mengatakan, kolaborasi ini telah memberikan bukti nyata sehingga Kota Bitung mendapatkan sejumlah prestasi.

"Ke depan hasil ini dapat diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga bukan hanya prestasi saja yang menjadi kebanggaan, namun bisa mendapatkan kepercayaan daripada investor, sebab pameran pembangunan ini, menampilkan sejumlah potensi yang ada di Kota Bitung," kata Humiang.

Humiang berharap, berbagai keunggulan yang ada dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat Indonesia khususnya warga Bitung.

Sementara itu, Koordinator Stand Kota Bitung, Fabian E Kaloh menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan masyarakat Kota Bitung, karena telah ikut dan berperan dalam pameran pembangunan Sulut.

"Tentunya tanpa adanya dukungan baik dari masyarakat, pelaku usaha, Usaha Kecil Menegah yang ada di tingkat Kelurahan hingga Kecamatan dan peran dari jajaran SKPD Kota Bitung, sehingga pelaksanaan pameran dapat berjalan dengan baik," ujar Kaloh.

Kaloh mengatakan hasil yang telah diraih dalam pameran pembangunan ini, adalah milik dari semua, karena Kota Bitung sangat dikenal dengan toleransinya yang tinggi.

"Semoga untuk tahun-tahun selanjutnya, prestasi Kota Bitung akan lebih baik, sehingga memberikan dampak pembangunan nyata dalam berkehidupan bermasyarakat," kata Kaloh.

Dengan berakhirnya pameran pembangunan ini, kata Kaloh, adalah sebuah bentuk penghargaan yang sebesar-besarnya kepada panitia penyelenggara, karena telah memberikan kepercayaan atas sejumlah prestasi yang diberikan terhadap stand Kota Bitung.

Gengsi inilah seakan membuktikan bahwa Kota Bitung memiliki prospek cerah dalam mewujudkan pembangunan modern yang berkesinambungan.

Pewarta : Melky Rudolf Tumiwa *
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024