Sulut, Sangihe (ANTARA) - Bupati Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Jabes Ezar Gaghana mengatakan, proyek fisik yang bersumber dari dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp199 miliar segera akan ditender.

"Proyek fisik yang bersumber dari  PEN sebesar Rp199 miliar sudah sementara dalam persiapan tender," kata Bupati Jabes Gaghana di Tahuna, Kamis.

Menurut Bupati, perjanjian kerja sama pinjaman dana PEN sebesar Rp199 miliar sudah ditandatangani pada pekan lalu antara Pemkab Sangihe dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Persero di Jakarta, Jumat.

Perjanjian kerja sama pinjaman dana PEN ditandatangani oleh Bupati Jabes Gaghana dan Direktur PT. Sarana Multi Infrastruktur (persero) Sylvi Juniarty Gani di PT. SMI (persero) Sahid Sudirman Center Jakarta Pusat.

Dana PEN ini, kata Bupati untuk pekerjaan fisik yang dikelola oleh dinas PUPR, Perindag dan Pertanian serta rumah sakit Liun Kendage Tahuna.

"Kami memberikan apresiasi kepada Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan dan PT. SMI yang telah merealisasikan pinjaman dana PEN guna membantu pemulihan ekonomi di Sangihe," kata dia.

Bupati mengatakan, setiap daerah saat ini berlomba untuk memperoleh dana pinjaman melalui dana Pemulihan Ekonomi Nasional dan Kabupaten Sangihe telah memperoleh dana pinjaman sebesar Rp199 miliar lebih.

"Kita bersyukur dari tiga Kabupaten kepulauan di Sulut, baru Sangihe yang memperoleh pinjaman dana PEN," ungkap dia.

Bupati berharap pemanfaatan dan PEN ini akan menggairahkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sangihe.

"Kita harapkan pertumbuhan ekonomi di tahun 2021 ini akan menjadi landasan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sangihe di tahun 2022," kata Bupati.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024