Manado (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut), Sulawesi Utara(Sulut) serius mengembangkan sektor pariwisata berbasis pedesaan. 

"Hal ini kami lakukan karena potensi pariwisata Kabupaten minut sangat banyak hingga pedesaan," kata Bupati Minut Joune Ganda, di Manado, Sabtu.

Dia mengatakan Kabupaten Minut memang sangat mengadalkan potensi wisata berbasis masyarakat desa.

Pariwisata berbasis pedesaan, kata Joune Ganda, adalah salah satu konsep pengembangan ekonomi kerakyatan yang sangat strategis.

“Potensi itu sangat dominan di Minut, kita akan kembangkan terus,” katanya lagi.

Ditambahkan, pariwisata pedesaan adalah juga bagian dari konsep ekonomi kerakyatan, pariwisata oleh rakyat dan untuk rakyat.

Sebelumnya Pemkab Minut menerima sekaligus tiga penghargaan Trisakti Award untuk tiga kategori desa wisata.

Tiga penghargaan desa wisata itu masing-masing kategori Desa Wisata Favorit untuk Desa Pulisan Kecamatan Likupang Timur dan Desa Wisata Favorit untuk Desa Sawangan Kecamatan Airmadidi serta Pemenang III Desa Wisata Kulinar untuk Desa Maumbi Kecamatan Kalawat.

Pemkab Minut patut berbangga karena dari 242 kabupaten kota seluruh Indonesia peserta, hanya Minahasa Utara yang memperoleh sekaligus tiga penghargaan Trisakti Award 2021.

Penghargaan diberikan oleh Trisakti Tourism Award, sebuah lembaga pengembangan kepariwistaan Indonesia yang telah puluhan tahun hadir mendorong sektor pariwisata berbasis masyarakat pedesaan.

Usai menerima penghargaan, Joune Ganda mengatakan tiga penghargaan wisata ini diharapkan dapat makin memicu motivasi pengembangan sektor pariwisata Minahasa Utara yang berbasis pedesaan.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024