Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung menghadirkan ruang untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan Tourism Corner guna mendukung perekonomian di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut).

"Ruang UMKM dan Tourism Corner terwujud atas sinergitas Pemerintah Kota Bitung dan Marketing Association Chapter Bitung (IMA) serta Dinas Pariwisata Kota Bitung," kata Walikota Bitung Maurits Mantiri, di Bitung, Jumat.

Dia menjelaskan pemerintah berjanji akan terus keberpihakan terhadap UMKM.

Lewat UMKM dan Tourism Corner, pemerintah menghadirkan ruang bagi pelaku UMKM di Kota Bitung untuk menampilkan serta menjual produk usaha.


UMKM dan Tourism Corner ini sendiri hadir di lobi Kantor Wali Kota Bitung.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pemkot Bitung, Anneke Tumbelaka mengatakan, UMKM dan Tourism Corner adalah bagian dari program UMKM ketuk pintu yang merupakan salah satu program Pemkot Bitung.

Peresmian UMKM dan Tourism Corner kata Anneke, juga bertepatan dengan peringatan Hari UMKM Nasional ke VI yang diperingati setiap tanggal 12 Agustus.

Presiden IMA Kota Bitung, Abrizal Ang mengapresiasi pemerintahan Kota Bitung yang betul-betul memberikan ruang bagi UMKM lewat UMKM dan Tourism Corner.

IMA kata dia, siap membantu pelaku UMKM di Kota Bitung dalam segala hal, terutama dibidang pengepakan dan pemasaran produk.

"IMA menginginkan UMKM Kota Bitung jangan menyerah di tengah pandemi COVID-19, harus kreatif dan kami siap membantu dalam mencari peluang,” kata Abrizal.

UMKM Kota Bitung harus naik level, kata dia, merupakan impian IMA lewat UMKM dan Tourism Corner dan kini sudah ada 17 produk UMKM dari target 50 produk yang bakal mengisi rak pajangan di lobi Kantor Wali Kota.

“Kita juga siap membimbing lewat UMKM Lap yang berlokasi di Rumah Dinas Kantor Wali Kota dan silakan datang untuk berkonsultasi atau bersama-sama melakukan survei pasar terkait produk yang akan dijual. Kita layani secara gratis,” katanya.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024