Tomohon (ANTARA) - Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara mengusulkan pembahasan rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). 

"RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026 merupakan satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional yang disusun secara bersama-sama dengan pemangku kepentingan berdasarkan peran dan kewenangan masing-masing dengan mengintegrasikan dokumen perencanaan lainnya," sebut Wali Kota, Caroll JA Senduk di Tomohon, Rabu.

Penyusunan RPJMD juga dilaksanakan berdasarkan kondisi dan potensi yang dimiliki daerah yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah dan sesuai dengan dinamika perkembangan daerah dan nasional.

Wali Kota mengikuti paripurna DPRD Kota Tomohon dalam rangka mendengarkan penjelasan pemerintah kota terhadap ranperda RPJMD tahun 2021-2026, 

Wali Kota mengatakan, RPJMD merupakan penjabaran visi, misi, dan program kepala daerah yang memuat tujuan, sasaran strategi, arah kebijakan, pembangunan daerah dan keuangan daerah, serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu lima tahun. 

Tahapan yang dilakukan dalam penyusunan dokumen RPJMD, kata dia, mencakup penyusunan rancangan teknokratik, penyusunan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS), penyusunan rancangan awal, penyusunan naskah akademik, konsultasi publik, musrenbang, perumusan rancangan akhir, dan penetapan RPJMD.

Pencapaian visi pemerintahan saat ini yaitu ”Tomohon Maju, Berdaya Saing dan Sejahtera”, telah dirumuskan lima misi serta tujuan.

Hal itu mencakup, menjaga dan melestarikan Tomohon sebagai kota religius, peningkatan kesejahteraan masyarakat di berbagai sektor,  menjadikan Tomohon sebagai kota wisata dunia, memajukan sistem pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan, mewujudkan pelayanan pemerintah yang bersih, efektif dan berintegritas.

"Besar harapan kami kiranya sinergitas yang baik antara pemerintah, DPRD dan seluruh elemen masyarakat dapat terjalin untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon," ujarnya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024