Manado (ANTARA) - PT Nindya Karya akan membangun dermaga serta fasilitas lainnya di kawasan Taman Nasional Bunaken, Kota Manado, Sulut, dengan jaminan tidak merusak lingkungan.

"Informasi terakhir sudah ada konsultasi publik terkait dengan pengurusan dokumen lingkungannya, itu dihadiri para pemangku kepentingan terkait termasuk masyarakat sekitar," ujar Site Engineering Manager Proyek Penataan Kawasan Pariwisata Pantai Malalayang dan Bunaken, PT Nindya Karya, Erik Prima, di Manado, Selasa.

Pembangunan dermaga yang lebih representatif di kawasan taman nasional itu, karena dermaga sebelumnya mulai rusak.

"Jadi dermaga itu akan di bangun di sebelah dermaga sebelumnya," ujarnya.

Oleh karena itu, menurut dia, dokumen lingkungan sementara berproses untuk memastikan pembangunannya tidak merusak ekosistem di lokasi tersebut.

Ia mengatakan fasilitas lainnya yang akan dibangun PT Nindya Karya adalah peningkatan saran jalan wisata di pulau itu untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi warga ataupun wisatawan.

Di destinasi pariwisata itu, katanya, juga akan dibangun "view tag", sebuah bangunan di tepi laut yang menyediakan pemandangan indah ke arah Pulau Siladen.

"Akan dibangun juga tempat swafoto di gerbang Bunakan, galeri wisata serta tugu 'diving'," katanya.

Dia berharap, penataan kawasan pariwisata di Pulau Bunaken mendorong peningkatan arus wisatawan menuju pulau itu, termasuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024