Manado (ANTARA) -
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Manado, Sulawesi Utara, menggelar kerja bakti, bersih-bersih taman kesatuan bangsa (TKB) Alex Kawilarang yang terletak di pusat kota Manado, Jumat.
 
"Kerja bakti melibatkan seluruh staf di DLH dan para tenaga harian lepas, untuk menata taman supaya cantik kembali, " kata Kepala DLH Manado Frangky Porawouw, di lokasi kerja bakti.
 
Dia mengatakan, sejumlah kegiatan dilaksanakan seperti menyapu, mengangkat dan membersihkan sampah di lokasi tersebut.
 
"Selain juga membersihkan pompa air, toilet dan penampungan air mancur, " kata Porawouw.
 
Dia mengatakan, pada kegiatan itu menggerakkan seluruh staf DLH untuk bersama membersihkan taman, karena merupakan tanggungjawab bersama, sekaligus bisa memotivasi bagi masyarakat yang melihat.
 
"Melalui kegiatan ini warga yang sekadar duduk di taman atau melewati TKB, diharapkan juga tergerak menjaga kebersihan," katanya.
 
Porawouw menambahkan, memang di TKB sudah disediakan tempat sampah, tetapi masih ada saja warga yang tidak sadar bersih dengan membuang sampah sembarangan.
 
Bahkan ada saja sampah bekas-bekas makanan dan kotak berbahan sterofoam dibuang di tempat penampungan air mancur, sehingga mengotori di tempat itu.
 
Dengan kegiatan ini diharapkan akan menimbulkan kesadaran warga untuk bersama-sama menjaga lingkungan taman tetap bersih, dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Pewarta : Jorie MR Darondo/Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024